Bikin Ngiler! Inilah Gaji Tukang Parkir Pesawat Alias Marshaller

Satupersen.co.id – Pekerjaan atau peofesi sebagai aircraft marshaller atau tukang parkir pesawat akhir-akhir ini banyak disukai. Karena profesi ini bukan hanya unik, tapi dikenal juga mempunyai gaji yang cukup tinggi. Berapah kira-kira gaji tukang parkir pesawat atau yang dikenal juga sebagai pendamping penerbanga? Yuk simak ulasan yang kami berikan sampai akhir.

Pekerjaan marshaller penting untuk menertibkan lalu lintas udara di bandara. Pekerjaannya yaitu sebagai pendamping penerbangan yang memberi instruksi kepada pilot saat memarkir pesawat setelah landing di bandara. Selain bersertifikasi, mereka dilatih dan dituntut mempunyai kecepatan dan keakuratan saat membantu pilot. Sementara pilot bertanggungjawab untuk mengontrol pesawat. Sama seperti pada jalanan, petugas parkir ini membantu pesawat ke arah tempat parkir yang dinamis.

Lewat pergerakannya, petugas parkir berbicara dengan pilot dan memberi instruksi di mana persisnya pesawat berhenti. Petugas parkir harus juga memastikan jika taxiway dan tempat parkir pesawat bebas dari benda asing.

Bahkan juga pada kondisi buruk seperti badai dan hujan, petugas parkir pesawat terus bekerja. Semua untuk memastikan pesawat diparkirkan dengan aman.

Lantas berapakah gaji dalam tukang parkir pesawat? Berikut ini kami rincikan mengenai gaji tersebut. Maka simak pembahasan di bawah ini.

Gaji Tukang Parkir Pesawat di Indonesia Perbulan

Gaji tukang parkir pesawat

Seorang Aircraft Parking Officer atau tukang parkir pesawat yaitu memang telah memegang sebuah peran penting dalam menjaga jalan raya udara masih tetap bergerak dalam bandara.

Pekerjaannya ialah memberikan instruksi pilot untuk membelokkan, mengurangi kecepatan, mematikan mesin pesawat saat meluncur ke depan.

Terkadang petugas parkir pesawat mengeluarkan perintah kepada pilot saat mengemudikan mobil khusus yang tertulis “Follow Me” dan mengantarkan pesawat ke arah tempat dasar picu atau parkir.

Peranan pramugari penting karena banyak pilot mempunyai penglihatan terbatas pada pesawat dan tanah dari kokpit. Pendamping penerbangan membantu pilot dengan aman ke posisi parkir.

Karena peranannya yang terbilang penting, pekerjaan ini tidak dapat di lakukan oleh sembarang orang. Dibutuhkan sertifikat khusus yang memperlihatkan jika pribadi itu telah memenuhi persyaratan sebagai pramugari parkir pesawat.

Petugas parkir pesawat harus juga cepat dan pas dalam memberikan instruksi supaya operasional lapangan terbang masih tetap berjalan lancar. Selain bisa bekerja secara efektif dan bisa bekerja cepat, marshaller harus juga memberi signal yang benar dan tepat ke pilot. Seorang Marshsaler umumnya dibekali dengan atribut khusus.

Di Indonesia, petugas parkir pesawat akan mendapatkan gaji kurang lebih Rp 5.000.000 – Rp 6.000.000 perbulannya.

Tetapi, apabila telah lama bekerja dan tercatat sebagai tukang parkir, maka dapat memperoleh gaji antara Rp 10.000.000 –  Rp 60.000.000 setiap bulannya.

Melansir dari situs Ziprecuriter, pada Januari 2022, gaji rata-rata seorang tukang parkir pesawat adalah sejumlah $21/jam, atau nyaris Rp. 300.000/jam (kurs 14.279).

Dan pada saat itu, rata-rata gaji tiap tahunnya di Amerika Serikat per 1 Desember 2021 ialah sebesar US$43.861 pertahun, atau sekitar Rp 622.000.000 (kurs US$14.200). Gaji dapat bervariatif berdasarkan lokasi lapangan terbang, pengalaman dan keterampilan yang di miliki.

Baca Juga: Gaji Petugas Damkar 2022 Beserta Tunjangan yang Diterima

Syarat Menjadi Tukang Parkir Pesawat

Syarat tukang parkir pesawat

Berikut ini ialah beberapa persyaratan menjadi tukang parkir pesawat. Simak uraiannya berikut ini:

1. Berusia 18-35 Tahun

Syarat yang pertama untuk menjadi pramugari parkir pesawat ialah berumur 18-35 tahun. Tetapi, beberapa maskapai menetapkan usia maksimal 24 tahun.

Maka saat sebelum kamu melamar, semestinya kamu harus mencari tahu dahulu masing-masing maskapai mengenai batas umur yang perlu di penuhi.

2. Pendidikan Minimal SMA/SMK/Sederajat

Menjadi petugas parkir pesawat memerlukan syarat akademik. Pada umumnya, orang memerlukan minimal ijazah.

Di Indonesia saja, syarat pendidikan minimum SMA/K sederajat di butuhkan menjadi marshaller seperti tertera di website penerbangan. Umur maksimalnya adalah 24 tahun.

Untuk pengembangannya, masyarakatyang ingin menjadi pramugari parkir pesawat harus juga mengikuti training khusus berkaitan membaca sinyal. Maka jelasi tidak bisa sembarangan.

Pendidikan minimum yang di butuhkan menjadi seorang pramugari parkir pesawat ialah pendidikan SMA atau sederajat. yang berarti untuk kamu yang mempunyai pendidikan tinggi atau training profosional bisa melamar menjadi pramugari parkir pesawat.

3. Bersedia untuk Mengikuti Training Khusus

Syarat sekolah menjadi petugas parkir pesawat ialah SMA/SMK dan sederajat dan  calon pelamar harus siap mengikuti training khusus untuk pelajari.

Training khusus ini di rencanakan untuk memungkinkan calon tukang parkir pesawat untuk bekerjasama dengan cerdas dengan pilot untuk memarkir pesawat dengan aman.

Selain itu, training khusus ini di butuhkan untuk calon tukang parkir pesawat untuk mempunyai lisensi. Lisensi ini harus juga berperan sebagai bukti pengalaman dan mempermudah kamu untuk ganti maskapai.

4. Tinggi Badan

Tinggi badan menjadi satu diantara persyaratan khusus menjadi pramugari parkir pesawat. Menjadi petugas parkir pesawat, kamu harus memiliki tinggi badan minimal 165 cm untuk pria. Dan wanita harus memiliki tinggi minimal 157 cm. Bila kamu lebih pendek dari tinggi yang di perlukan, akan susah untuk melamar menjadi posis tersebuti.

5. Menjadi Satu diantara Komponen Penting

Profesi tukang parkir pesawat ini tidak sendirian di lapangan atau tempat kerja itu. Tiap pesawat yang landing harus berbicara dengan pengatur di bandara.

Sesudah ini, pilot bekerjasama dengan mekanik perawatan pesawat, yang memberi informasi parkir kepada marshaller. Kemudian, petugas parkir pesawat bekerja dan mengantarkan pilot ke arah tempat parkir pesawat.

6. Banyak Aturan Khusus

Profesi ini harus mengetahui aturan yang cukup ketat dan luas. Walau sebenarnya, petugas parkir pesawat hanya dapat memarkir 5 pesawat setiap hari pada tempat parkir.

Secara umum, petugas parkir pesawat bisa bekerja sampai 13 jam dalam satu hari atau mungkin dengan sistem shift dengan istirahat. Jam kerja normal ialah 06:00 – 19:00 dan 18:00 – 07:00.

7. Dilengkapi Perlengkapan Khusus

Petugas parkir pesawat di lengkapi dengan perlengkapan khusus untuk tugas tersebut. Misalnya ialah penutup telinga, jaket neon, sepatu logam, dan stik LED.

8. Persyaratan Yang lain

Selainnya syarat umum di atas, kamu juga harus memenuhi syarat kesehatan fisik dan psikis, berpenampilan menarik, tidak buta warna dan belum menikah. Tentunya harus memenuhi persyaratan ini apabila ingin melamar menjadi pramugari parkir pesawat.

Demikianlah pembahasan yang dapat kami berikan mengenai gaji Tukang Parkir Pesawat atau Marshaller di Indonesia. Semoga pembahasan kali ini berguna terutama bagi kamu yang berkeinginan mendafar sebagai posisi tersebut.

Tinggalkan komentar