Gaji Petugas Damkar 2022 Beserta Tunjangan yang Diterima

Satupersen.co.id – Seperti yang kita lihat, tugas seorang pemadam kebakaran atau damkar cukup ekstrim karena melibatkan hidup memadamkan api. Lantas berapa kira-kira gaji seorang damkar dengan tanggungjawab yang berat tersebut? Jika kamu ingin mengetahuinya, silahkan simak pembahasan yang kami berikan kali ini.

Menjadi petugas pemadam kebakaran atau firefighter ialah pekerjaan yang beresiko. Selain memadamkan api, petugas pemadam kebakaran berada di garis terdepan apabila terjadi kebakaran untuk melindungan kehidupan dan mencegah dampak kerusakan.

Kesiapan dalam suatu pemadam kebakaran di butuhkan bukan hanya di saat terjadi kebakaran, tetapi juga di saat terjadi musibah. Petugas pemadam kebakaran bekerja mengevakuasi korban banjir, gempa bumi, dll. Bahkan juga seringkali petugas pemadam kebakaran dipanggil untuk membantu penyelamatan hewan.

Melihat banyaknya tugas yang sudah di lakukan seorang petugas pemadam kebakaran, banyak orang yang ingin tahu dengan gaji yang di dapatkan seorang petugas pemadam kebakaran.

Namun sebelum membahas besaran gaji damkar, perlu untuk kamu mengetahui lebih banyak lagi tentang apa itu damkar. Oleh sebab itu, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Apa itu Damkar?

Damkar

Pemadam kebakaran atau sering disebut dengan Damkar, ialah merupakan pasukan yang bertanggungjawab untuk memadamkan api, menyelamatkan dan menangani musibah atau kejadian yang lain.

Petugas pemadam kebakaran dilatih bukan hanya untuk menyelamatkan korban kebakaran atau memadamkan api saja, tapi juga untuk menyelamatkan korban dalam musibah seperti pada suatu kecelakaan jalan raya, banjir, bangunan roboh, gempa bumi dan yang lainnya.

Selain itu, mereka di tugaskan untuk pekerjaan pengamanan yang tidak berkaitan dengan pemadaman kebakaran misalkan dalam mengevakuasi sarang lebah, menyelamatkan orang atau hewan yang terjebak, menyelamatkan korban jiwa, menangani pohon roboh dan lain-lain.

Petugas pemadam kebakaran terkadang juga ditugaskan untuk mendidik warga sipil mengenai kebakaran dan bagaimana meresponsnya. Tugas pemadam kebakaran benar-benar terhormat. Namun, mereka yang sudah memutuskan profesi ini juga harus menimbang resikonya.

Pertama, petugas pemadam kebakaran harus siap sedia tiap saat. Mayoritas mempunyai kesiapan 24 jam untuk kebakaran atau musibah tidak terduga lainnya.

Oleh karena itu, petugas pemadam kebakaran bukan hanya harus kuat secara fisik, tapi juga harus kuat secara mental. Jam kerja yang tidak aman membuat petugas pemadam kebakaran tidak dapat berencana pergi semaunya atau berlibur.

Gaji Petuas Damkar (Pemadam Kebakaran)

Gaji petugas damkar

Profesi seorang pemadam kebakaran saat ini semakin mendapatkan perhatian. Petugas pemadam kebakaran di bayar dengan baik. Petugas pemadam kebakaran di pisah menjadi dua kelompok, yakni petugas dan sukarelawan.

Gaji seorang petugas pemadam kebakaran berekisar antara Rp 1.750.000 sampai Rp 4.000.000.

Seperti tugas lainnya, petugas pemadam kebakaran menerima beragam tunjangan, yaitu tunjangan penitipan anak, tunjangan berlibur, dan tunjangan sakit.

Pekerjaan utama damkar ialah menvegah terjadinya kebakaran, melakukan pemadaman kebakaran dan menyelamatkan nyawa dari ancaman kebakaran.

Petugas pemadam kebakaran umumnya bekerja untuk kotamadya. Untuk menjalankan profesi ini, calon petugas pemadam kebakaran harus berusia minimal 18 tahun dan memiliki sertifikat pelatihan pemadam kebakaran.

Di negara Indonesia, profesi pemadam kebakaran yaitu umumnya mempunyai pendidikan minimal SMA. Tidak seperti di luar negeri, misalkan petugas pemadam kebakaran di Amerika Serikat, di haruskan untuk memperoleh gelar sarjana dalam pengetahuan kebakaran.

Petugas pemadam kebakaran harus menguasai minimal beragam keterampilan yang berkaitan dengan pekerjaannya. kamu harus bisa mendidik masyarakat mengenai manajemen genting, manajemen bahan berbahaya, penangkalan kebakaran, investigasi kebakaran, dan rencana menyeselamatan kebakaran.

Baca Juga: Fantastis! Intip Kisaran Gaji Pegawai BUMN yang Perlu Diketahui

Tunjangan Petugas Damkar

Tidak hanya di bayar, petugas pemadam kebakaran menerima uang tambahan dari layanan yang mereka terima. Manfaat pemadam kebakaran juga bermacam, yaitu tersedia berbagai tunjangan seperti berikut ini:

1. Tunjangan Golongan

Tunjangan golongan hanya ada untuk petugas pemadam kebakaran yang merupakan pegawai negeri. Perbedaan PNS terlihat pada tunjangan golongan yang di dapatkannya. Pemadam kebakaran dengan status kehormatan tidak di perkenankan untuk mendapatkannya.

2. Tunjangan Kesehatan

Tunjangan yang selanjutnya yakni tunjangan kesehatan, yang merupakan benefit wajib untuk petugas pemadam kebakaran. Dalam tunjangan ini benar-benar bermanfaat mengingat risiko bekerja saat bertugas. Saat hal yang tidak terrduga terjadi, maka itu tunjangan ini akan sangat berguna.

3. Tunjangan Hari Raya

Seperti karyawan yang lain, petugas pemadam kebakaran selalu memperoleh THR atau dapat disebut dengan Tunjangan Hari Raya. Jumlah tunjangan ini bergantung pada tempat layanan kebakaran tempat petugas pemadam kebakaran bekerja.

4. Tunjangan Pendidikan Anak

Selainn tunjangan kesehatan dan pendidikan, petugas pemadam kebakaran menerima tunjangan anak yang ditujukan untuk anak-anak petugas pemadam kebakaran dengan tujuan untuk membantu meringankan biaya pendidikan.

Tugas Damkar

Tugas damkar

Ada banyak pekerjaan petugas pemadam kebakaran yang kurang dimengerti oleh masyarakat, mayoritas masyarakan hanya memahami jika pekerjaan seorang petugas pemadam kebakaran ialah memadamkan api.

Berikut ini beberapa keterangan berkenaan berbagai macam pekerjaan Damkar, diantaranya adalah:

1. Pemadaman

Pemadaman sebagai pekerjaan pemadam kebakaran yang umum dijumpai warga. Dalam pekerjaan pemadaman ini di laksanakan pada kebakaran dan beragam pemicu kebakaran misalkan dalam kebakaran listrik, kebakaran SPBU, atau kebakaran pada bangunan semi tetap dan tetap.

2. Pecegahan

Yang artinya dengan pencegahan tersebut adalah petugas pemadam kebakaran menjelaskan pemicu kebakaran, mensosialisasikan keutamaan kebakaran, mencegah kebakaran dan memadamkan kebakaran awal (kebakaran kecil) dalam masyarakat baik di tingkat RW, RT, Kelurahan dan Kabupaten.

Dengan di lakukan publikasi ini di harapkan masyarakat bisa memahami bagaimana cara mengatasi kebakaran bila terjadi peristiwa yang tidak di inginkan seperti dalam kecelakaan dan tiba-tiba api datang.

3. Pengamanan

Ada berbagai misi pengamanan seperti dalam mengevakuasi hewan, menyelamatkan korban tenggelam, termasuk hewan liar atau bukan, dan mengevakuasi untuk melepaskan cincin yang tertanam di jari.

Ada pula penyelamatan pohon roboh, bantuan pertama korban kecelakaan, penyelamatan sarang lebah, dan beragam kondisi genting lainnya.

Pekerjaan itu sudah jarang dijumpai masyarakat umum, karena kebanyakan dari mereka hanya mengetahui pekerjaan petugas pemadam kebakaran, yakni memadamkan api.

Oleh karena itu, penting untuk mengedukasi masyarakat mengenai pekerjaan petugas pemadam kebakaran supaya masyarakar mengetahui apa yang perlu di lakukan saat menghadapi kebakaran atau kondisi genting lainnya.

Proses untuk mengontak pemadam kebakaran dan layanan urgent yang lain ialah menghubungi 911 dan memberikan laporan mengenai kejadian itu, selanjutnya memberi alamat kejadian dan memberi nomor telepon pihak yang hendak di hubungi di tempat.

Panggil petugas pemadam kebakaran tidak gratis, beberapa petugas pemadam kebakaran di bayar oleh Pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk membantu masyarakat DKI Jakarta yang membutuhkan bantuan.

Demikianlah pembahasan yang dapat kami berikan mengenai gaji petugas Damkar dan beberapa tunjangannya. Semoga pembahasan ini dapat berguna bagi kamu semuanya.

Tinggalkan komentar