p.read-more-container { display: none; }
Penghasilan pengamen

Penghasilan Pengamen Per Hari, Tidak Kalah dari UMR Daerah?

Satupersen.co.id – Mungkin kamu sering menjumpai pengamen ketika makan di rumah makan, di pasar, di pemberhentian lampu merah, ataupun di tempat-tempat keramaian lainnya. Banyak jenis pengamen, dari yang bekerja secara individu, maupun yang mengamen secara berkelompok dengan memainkan beragam alat musik. Bagi sebagian orang, ada yang gemar mendengar pengamen bernyanyi, namun adapula yang merasa terganggu dengan kehadirannya.

Pengamen sendiri merupakan orang yang memainkan musik atau menyanyikan lagu di jalanan atau tempat publik untuk mendapatkan uang. Mereka seringkali menjadi penghibur bagi orang yang melewati mereka dan memberikan suasana yang lebih hidup pada lingkungan. Setelah selesai menyanyi, mereka akan menyodorkan kantong untuk menampung pemberian seikhlasnya.

Orang yang memutuskan untuk bekerja sebagai pengamen tentunya karena berupaya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa ketersediaan lapangan pekerjaan menjadi salah satu penentu manusia dapat memperoleh penghasilan. Banyaknya sumberdaya manusianya yang tidak diimbangi dengan lapangan pekerjaan yang tersedia, membuat siapapun mencari cara untuk bisa mencari nafkah. Itulah mengapa salah satu profesi yang lumayan banyak dijalani oleh orang yang tidak memiliki pekerjaan tetap yakni dengan mengamen.

Meskipun profesi pengamen tidak memiliki gaji tetap dan stabil, banyak dari mereka yang memilih untuk menjadi pengamen karena memiliki bakat dalam bidang musik. Mereka juga memiliki fleksibilitas waktu dan bebas menentukan jadwal mereka sendiri.

Namun, pengamen juga sering menghadapi kesulitan seperti tidak memiliki tempat tinggal yang tetap, tidak memiliki perlindungan hukum yang baik, dan sering kali mengalami diskriminasi dari masyarakat. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita memberikan imbalan sebagai bentuk apresiasi atas performanya.

Walaupun profesi pengamen seringkali dianggap sebagai profesi yang tidak stabil dan tidak layak, sebenarnya mereka merupakan bagian penting dari budaya dan suasana lingkungan kota. Oleh karena itu, masyarakat harus lebih memahami dan memperlakukan pengamen dengan hormat dan membayar mereka dengan sepadan atas jasa mereka.

Lalu berapa kira-kira penghasilan yang di dapatkan pengamen tersebut? Jika kamu ingin mengetahuinya, maka pastikan kamu menyimak pembahasannya hingga selesai.

Baca Juga : Ternyata Segini Pendapatan Pemulung Per Bulannya

Berapa Penghasilan Pengamen Per Hari?

Penghasilan pengamen

Meskipun pengamen dipandang sebelah mata bagi sebagian masyakarat karena dianggap cukup menggangu, ternyata penghasilan pengamen dapat dikatakan cukup besar sehingga tidak kalah dengan yang karyawan yang bekerja di pabrik.

Seperti yang kita lihat di lapangan, pengamen sekarang ini semakin menjamur di mana-mana. Bukan tanpa alasan, mereka rela keliling panas-panasan demi mendapatkan penghasilan yang bmaksimal.

Sebetulnya penghasilan pengamen berbeda-beda tergantung situasi dan kondisi. Seperti yang dilansir berbagai sumber, penghasilan rata-rata pengamen perhari mencapai Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu.

Bahkan belakangan ini, terdapat video viral seorang pengamen yang memiliki pendapatan hingga Rp 300 ribu per hari. Dalam video tersebut, tampak seorang pengamen yang sedang menukarkan uang koinnya di minimarket. Yang ternyata pengamen tersebut sudah biasa menukar uang koin di minimarket tersebut yang jumlahnya sekitar Rp 300 ribu setiap hari.

Jadi apabila diakumulasikan selama sebulan, maka pengamen viral tersebut bisa mengantongi pendapatan hingga Rp 9 juta sebulan. Yang artinya penghasilannya bisa melebihi karyawan pabrik ataupun pegawai negeri.

Daan dalam cerita lainnya, melalui sebuah video TikTok yang diunggah oleh akun @kementerian.keduitan menampilkan sebuah pengakuan dari beberapa pengamen yang diwawancarai menyatakan penghasilan mereka jika dihitung-hitung dalam sebulan bisa membawa pulang penghasilan Rp 3 juta sampai Rp 15 juta dalam sebulan. Mereka mengaku, dalam sehari bisa mengantongi penghasilan mulai dari Rp 100 ribu sampai Rp 500 ribu. Sunguh nominal yang fantastis bukan untuk pekerjaan yang sering dipandang sebelah mata tersebut?

Demikianlah pembahasan yang dapat kami berikan mengenai besaran gaji atau penghasilan yang diperoleh seseorang yang bekerja sebagai pengamen setiap bulannya. Semoga pembahasan kali ini dapat membantu rasa penasaran kamu bagi yang ingin mengetahuinya.

Check Also

Tarif penyeberangan kapal

Daftar Tarif Penyeberangan Sumatera dan Bali Terbaru 2023

Satupersen.co.id – Untuk Anda yang berencana menggunakan transportasi ferry untuk menyeberang dari Pelabuhan Merak –  Bakauheni ...

Baca Selengkapnya