7 Makanan Pembersih Paru-Paru, Napas Jadi Lebih Nyaman Anti Ngos-ngosan

Satupersen.co.id – Paru-paru merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh manusia. Karena organ ini berhubungan dengan sistem pernapasan dan sirkulasi darah. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan paru-paru. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang bermanfaat sebagai pembersih paru-paru.

Tanpa kita sadari, paru-paru bisa kotor akibat beberapa faktor pemicu seperti polusi, radikal bebas, hingga pengaruh asap rokok. Jika paru-paru terkontaminasi racun atau partikel tidak sehat, bisa menyebab infeksi saluran pernapasan (ispa) dan penyakit pernapasan lainnya. Sehingga penderitanya akan merasa sesak dan ngos-ngosan saat bernapas.

Apalagi bagi perokok akut, tidak ada kata terlambat jika menginginkan paru-paru yang sehat dan normal. Hal terpentig yang harus dilakukan terlebih dahulu ialah berhenti merokok. Baru kamu bisa membenahinya dengan menjalankan pola hidup sehat serta mengonsumsi makanan yang berkhasiat bisa membersihkan paru-paru. Berikut kami uraikan makanan pembersih paru-paru.

7 Makanan yang Berkhasiat Sebagai Pembersih Paru-Paru

daftar makanan pembersih baru-paru 

Makanan-makanan pembersih paru-paru ini merupakan bahan alamu yang sangat banyak kita temukan dan bahkan sering tersedia dirumah.

1. Kunyit

Rempah ataupun bahan dapur yang satu ini mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Salah satunya bisa untuk menyehatkan dan membersihkan paru-paru.

Penelitian menyebutkan kandungan curcumin yang terdapat dalam kunyit sangat bagus untuk mengatasi asma, masalah paru-paru, dan sesak napas karena adanya gangguan kesehatan paru-paru.

Terlebih lagi, kunyit memiliki kandungan antioksidan serta anti-inflamasi yang bermanfaat dalam penyembuhan infeksi atau dengan kata lain bermanfaat sebagai antibiotik alami.

Trending :  7 Kebiasaan yang Bikin Asam Lambung Naik ke Kerongkongan, Bikin Sesak

2. Apel

Buah yang hampir disukai oleh semua orang ini juga mempunyai banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan, tidak terkecuali untuk paru-paru. Apel mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan fungsi paru-paru. Selain itu juga dalam buah ini terdapat antioksidan dan juga kandungan flavonoid yang berkhasiat mengurangi risiko asma dan kanker paru-paru.

3. Tomat

Tomat kaya akan antioksidan seperti lycopene dan beta karoten. Selain itu terkandung juga di dalamnya vitamin C dan masih banyak vitamin lainnya yang tentunya semuanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan juga paru-paru.

Penelitian yang di publikasikan dalam European Respiratory Journal mengatakan bahwa konsumsi tomat berkaitan dengan risiko rendah penurunan fungsi paru-paru akibat merokok. Para peneliti menganggap hal tersebut mampu memperbaiki kerusakan paru-paru para mantan perokok.

4. Paprika

Siapa yang sangka, bahan pelengkap masakan kelompok cabai yang satu ini juga di nobatkan sebagai makanan yang berkhasiat untuk membersihkan paru-paru.

Paprika kaya akan vitamin C nya. Menurut studi yang dimuat Journal of The American College of Nutrition, meyebutkan bahwa fungsi paru-paru perokok dapat meningkat dengan mengonsumsi banyak vitamin C.

Menilik data US Departemen of Agriculture, konsumsi satu buah paprika merah berukuran sedang dengan bobot 119 gram memberikan 169 persen dari asupan vitamin C yang direkomendasikan.

5. Teh Hijau

Jenis teh ini memiliki kandungan Epigallocatechin Gallate (EGCG), senyawa yang bekerja sebagai antioksidan dan anti-inflamasi yang bisa menjadi penghambat fibrosis paru dan jaringan parut (luka). Fibrosis paru adalah penyakit yang ditandai dengan jaringan parut progresif yang mengganggu fungsi paru-paru. Dengan adanya kandungan antioksidan yang tinggi dalam teh hijau, dapat membantu mengurangi peradangan di paru-paru.

Sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 1.000 orang di Korea melaporkan, dengan meminum setidaknya 2 cangkir teh hijau per harinya dapat meningkatkan fungsi paru-paru.

Trending :  7 Kebiasaan yang Bikin Asam Lambung Naik ke Kerongkongan, Bikin Sesak

6. Labu Kuning

Buah yang satu ini selain enak dibuat kolak atau bahan olahan makanan lainnya, juga ternyata memiliki kandungan yang dapat meningkatkan kesehatan paru-paru. Daging labu memiliki banyak sekali kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Selain kandungan vitamin C yang tinggi, labu juga mengandung senyawa karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin yang semuanya memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat.

Peneliti penyakit paru-paru dari AS Gary E Hatch mengatakan bahwa orang-orang yang banyak mengonsumsi makanan mengandung zat antioksidan (vitamin C dan beta karoten) tinggi mampu mengurangi serangan asma dan penyakit pernafasan lainnya.

7. Bawang Putih

Satu lagi bahan dapur yang selalu ada di rumah ini memiliki khasiat untuk membersihkan paru-paru yakni bawang putih.

Bawang Putih memiliki senyawa kuat yang disebut allicin, berfungsi sebagai antibiotik yang efektif melawan infeksi di saluran pernapasan termasuk membersihkan paru-paru, serta dapat mengurangi risiko asma dan sesak napas.

Demikianlah ulasan yang dapat kami berikan mengenai makanan atau bahan alami yang dapat berkhasiat membersihkan paru-paru. Selain itu jangan lupa menerapkan pola hidup sehat, rajin berolahraga, dan juga banyak konsumsi air putih dalam proses pembersihan baru-paru.