Cara Memindahkan Semua Data dari iPhone Lama ke iPhone Baru

Satupersen.co.id – Sebagian pengguna lama iPhone pasti sudah mengetahui cara memindahkan data dari iPhone lamanya ke iPhone baru. Akan tetapi ada sebagian pengguna baru yang masih bingung cara memindahkan data ketika membeli iPhone baru.

Untuk kamu yang berencana membeli ataupun sudah iPhone baru, perlu banget mengetahui cara memindahkan data agar tidak perlu repot memindahkan data secara manual.

Kamu bisa memindahkan semua data secara cepat dan persis, termasuk data aplikasi, foto & video, wallpaper, hingga settingan widget. Dengan begitu, kamu seperti melakukan kloningan dari perangkat lama ke perangkat baru.

Apple menyediakan beberapa cara untuk memindahkan data tersebut. Seperti apa caranya? Simak artikel ini sampai akhir ya.

Cara Memindahkan Data iPhone Lama ke iPhone Baru

memindahkan data dari iphone lama

Berikut cara memindahkan data dari perangkat iPhone lama yang bisa kamu ikuti. Kamu bisa memilih cara yang menurut kamu paling mudah dan praktis.

1. Memindahkan Data Melalui iTunes

Cara yang pertama, kamu bisa memindahkan semua data dari iPhone lamamu menggunakan iTunes. Dengan iTunes, kamu harus melakukan backup data Iphone terlebih dahulu ke Mac atau PC. Kemudian merestorenya ke iPhone baru. Perhatikan langkah-langkah berikut.

  • Pertama, pastikan kamu telah membackup iPhone lama.
  • Selanjutnya, buka perangkat iPhone baru dan ikuti petunjuk dari awal hingga masuk ke bagian ‘Aplikasi & Data’.
  • Kemudian pilih ‘Pulihkan dari Mac atau PC’.
  • Sambungkan perangkat iPhone baru ke Mac atau PC yang digunakan untuk membackup dan buka iTunes. Pastikan perangkat kamu terhubung pada jaringan Wifi yang stabil dan dalam mode pengisian daya agar proses restore berjalan lancar tanpa kendala.
  • Langkah terakhir, pilih ‘Pulihkan Cadangan’ dan ikuti proses hingga selesai.
Trending :  iPhone 14 Akan Segera Rilis? Ini Dia Bocoran Harga dan Spesifikasinya

2. Memindahkan Data Melalui iCloud

Cara selanjutnya untuk memindahkan data yaitu dengan iCloud. Cara ini lebih simple dari cara yang pertama, karena tidak memerlukan backup data melalui Mac atau PC. Kamu hanya perlu cadangkan data dari perangkat iPhone lama. Namun sama seperti cara sebelumnya, kamu harus memastikan iPhone terhubung dengan jaringan Wifi yang stabil dan juga menyediakan banyak ruang penyimpanan pada iCloud.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk memindahkan data.

  • Pertama, silahkan cadangkan data dari perangkat iPhone lama ke iCloud. Yaitu dengan cara masuk ke ‘Pengaturan’ kemudian klik ‘iCloud’. Setelah itu klik ‘Cadangkan iCloud’ dan ‘Cadangkan Sekarang’.
  • Selanjutnya, buka perangkat iPhone baru dan ikuti petunjuk dari awal hingga masuk ke bagian ‘Aplikasi & Data’.
  • Kemudian pilih ‘Pulihkan dari iCloud’ dan login ke akun iCloud kamu menggunakan Apple ID dan password.
  • Terakhir pilih versi cadangan data di iCloud yang ingin kamu gunakan di perangkat iPhone baru.

3. Memindahkan Data Melalui Metode Quick Start

Cara yang satu ini merupakan cara yang paling praktis, karena kamu tidak membutuhkan PC ataupun jaringan Wifi untuk memindahkan data. Kamu hanya perlu mendekatkan perangkat lama dengan perangkat baru. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Pertama, nyalakan perangkat iPhone baru dan dekatkan dengan perangkat iPhone lama hingga pilihan metode Quick Start tampil di layar handphone.
  • Kemudian akan muncul bulatan pada perangkat baru, dan pindai melalui kamera perangkat iPhone lama.
  • Selanjutnya masukkan kode Passcode Lock dari perangkat iPhone lama ke perangkat baru.
  • Setelah itu ikuti instruksi di iPhone baru untuk pengaturan Face ID atau Touch ID, jika belum mau mengaturnya silahkan klik ‘Lewati’.
  • Terakhir, akan muncul pilihan pemindahan data, klik opsi ‘Transfer data dari iPhone lama ke iPhone baru’ dan tunggu hingga prosesnya selesai.
Trending :  Cara Pin Postingan Instagram di Android dan iPhone