Cara Menggunakan Fitur Back Tap di iPhone

Satupersen.co.id – Pengguna iPhone siapa nih yang belum tahu fitur tersembunyi berupa ketuk bagian belakang untuk menjalankan suatu perintah aksi pada perangkat iPhone? Jika belum tahu dan ingin mengaktifkan fiturnya, pastikan kamu menyimak artikel ini sampai akhir ya. Karena kita akan membahas cara menggunakan fitur back tap di iPhone.

Back tap atau ketuk bagian belakang merupakan fitur yang di luncurkan Apple untuk memudahkan penggunanya dengan cara mengetuk cepat dua atau tiga kali di bagian belakang iPhone. Kamu bisa menerapkan perintah seperti mengambil jepretan layar atau screenshoot, membuka Pusat Kontrol, melakukan tindakan khusus aksesibilitas, dan banyak lagi.

Fitur back tap ini tersedia di iPhone 8 ke atas dengan iOS versi 14 atau yang lebih baru. Jadi jika kamu memiliki iPhone 8 atau yang terbaru dengan iOS minimal versi 14 sudah bisa mengaktifkan fitur ini lho.

Untuk lebih jelas cara mengaktifkannya, simak uraian berikut ya.

Cara Mengaktifkan Fitur Back Tap di iPhone

Sebelum masuk ke langkah-langkahnya, pastikan iOS kamu sudah update ke versi 14 atau yang terbaru ya. Lalu kamu bisa ikuti cara sebagai berikut ini.

  1. Pertama, silahkan masuk ke menu ‘Pengaturan’.
  2. Selanjutnya scroll kebawah dan klik opsi ‘Aksesibilitas’.
  3. Kemudian klik opsi ‘Sentuh’.
  4. Setelah itu scroll lagi kebawah dan pilih opsi ‘Ketuk Bagian Belakang’ atau Back Tap. Maka akan muncul pilihan ‘Ketuk Dua Kali’ dan ‘Ketuk Tiga Kali’. Silahkan kamu pilih sesuai keinginan.
  5. Selanjutnya silahkan pilih pintasan yang tersedia yang ingin kamu terapkan untuk mengaktifkan fitur back tap nya (misalnya screenshoot atau lainnya).
Trending :  5 Tips Merawat Baterai iPhone Agar Performa Oke

Setelah selesai melakukan langkah tersebut, maka seluruh pengaturan tadi sudah tersimpan. Kamu bisa langsung mencoba dengan ketuk dua atau tiga kali pada bagian belakang iPhone untuk menjalankan perintah yang sudah diatur sebelumnya.

Kamu juga bisa mengatur ketuk dua atau tiga kali untuk menampilkan pintasan aksesibilitas agar dapat mengakses fitur AssistiveTouch, Pintasan Siri, Pembesar, Keterjangkauan, dan VoiceOver dengan cepat.

Adapun pilihan perintah yang bisa kamu pilih adalah pintasan aksesibilitas, pengaturan sistem (seperti bisukan, goyang, jepretan layar, kamera, keterjangkauan, kunci layar, kunci rotasi, pengalih aplikasi, pusat kontrol, pusat pemberitahuan, senter, spotlight, utama, volume naik dan turun), aksesibilitas (seperti AssistiveTouch, bunyi latar belakang, filter warna, kaca pembesar, pembalikan cerdas, pembalikan klasik, pengontrol zoom, perintah ucapan, Voice Over, zoom), gerakan scroll atau gulir (gulir ke atas dan ke bawah).

Untuk membuat pintasan, kamu bisa mengaktifkannya melalui menu pintasan yang tersedia di iPhone. Sebagai contoh, jika kamu membuat pintasan untuk melakukan panggilan terhadap salah satu kontak di ponsel, saat kamu mengetuk dua atau tiga kali (sesuai yang dipilih) maka iPhone akan bekerja untuk melakukan panggilan tersebut.

Penyebab Fitur Back Tap pada iPhone Tidak Berhasil

Jika perangkat iPhonemu gagal mengaktifkan fitur back tap, kamu bisa memeriksa penyebabnya seperti yang dijelaskan berikut ini.

1. Perangkat Tidak Didukung

Seperti yang sudah dijelaskan, fitur ini hanya tersedia di iPhone series 8 keatas. Jadi, jika perangkatmu masih dibawah itu tentu belum bisa menggunakannya. Jangan lupa juga cek iOSnya, apakah sudah update minimal ke versi 14 atau belum. Jika belum, kamu bisa mengupdatenya dengan cara buka menu Pengaturan > klik ‘Pembaruan Perangkat Lunak Tersedia’ > klik ‘Unduh dan Instal’, kemudian ikuti prosesnya hingga selesai.

Trending :  Cara Memblokir Panggilan Spam di Iphone

Baca Juga : Cara Update iOS iPhone Melalui OTA dan iTunes

2. Lepaskan Case Handphone

Selain memperindah iPhone, kebanyakan orang memakai case sebagai bentuk perlindungan terhadap iPhonenya dari goresan atau kerusakan fisik lainnya. Namun, memakaikan case menjadi salah satu penyebab kegagalan fitur back tap tidak berfungsi. Apalagi menggunakan case yang terbilang tebal. Maka dari itu, pastikan kamu tidak memakai case ya agar bagian belakang iPhone tidak tertutup dan fungsi ini bisa bekerja dengan baik.

3. Restart iPhone

Jika fitur ini masih tidak bisa berfungsi juga, kamu bisa melakukan restart atau force restart pada perangkatmu. Karena bisa jadi ada bug atau error saat menyetting fitur back tap.

Cara melakukan force resrat berbeda-beda di tiap model perangkat iPhone. Pastikan kamu sudah sesuai dan benar sesuai perangkat iPhonemu.

4. Reset iPhone

Kalau perangkatmu sudah didukung fitur back tap namun fitur ini masih belum juga berhasil aktif, cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah mereset iPhone. Cara ini bertujuan untuk memperbaiki jika berkemungkinan ada pengaturan yang corrupt pada perangkatmu.

Melakukan reset iPhone akan mengembalikan ke pengaturan default tanpa menghapus data. Caranya masuk ke Pengaturan > klik opsi ‘Umum’ > klik ‘Transfer atau Atur Ulang’ dan klik ‘Atur Ulang’.