6 Cara Meningkatkan Cybersecurity Awareness Bagi Pemilik Startup

Satupersen.co.id  – Cybersecurity Awareness – Perkembangan startup yang cukup pesat tidak terlepas dari website handal sebagai sarana untuk melakukan digital marketing.

Hal ini banyak mengundang hacker untuk mencoba membobolnya. Tujuannya mulai dari pencurian data sampai merusak image dari perusahaan tersebut. Untuk mengantisipasi perlu memahami cybersecurity awareness.

Jumlah hacker bertambah setiap saat. Dengan demikian banyak juga peretasan terhadap website.

Terhitung selama tahun 2022 saja, lebih dari 1 juta website sudah mengalami pembobolan. Itu artinya dalam sehari terdapat 30.000 website.

Hal ini tentunya bukan masalah sepele dan perlu mendapat perhatian dari semua pengola startup.

Pengertian Cybersecurity

Cybersecurity

Sampai saat ini masih banyak pengelola startup yang kurang aware terhadap aksi para hacker. Anggapan bahwa usahanya masih kecil sehingga kemungkinan besar tidak akan mengalami peretasan dari hacker merupakan pemikiran kurang tepat. Nyatanya penyusup yang mengacaukan jaringan data ini dapat menyasar siapa saja. Sedangkan bagi startup, website merupakan urat nadi usaha. Jika sudah diretas maka akan berdampak besar terhadap jalannya usaha. Cybersecurity awareness sangat penting untuk menjaganya.

Tidak ada yang dapat memprediksi apa tindakan hacker terhadap situs tersebut. Bisa saja mengambil alih kendali sehingga pemilik tidak dapat mengaksesnya. Tentu hal ini dapat berakibat fatal dan kerugian, bukan hanya pada pemilik usaha, tetapi juga rekanan dan konsumen. Untuk itu perlu mengetahui dan menjalankan prinsip pengamanan

Cybersecurity adalah kegiatan pengamanan terhadap jaringan, sistem maupun data yang ada di dalam server untuk mengantisipasi tindakan hacker. Semua pemilik website harus memperhatikan hal ini.

Selama ini beberapa pengelola startup masih kurang memperhatikan hal tersebut karena menganggap bukan target dari hacker. Sedangkan kenyataannya bukan hanya pemilik usaha, bahkan website pribadi pun mungkin untuk diretas.

Trending :  Mengenal Phising, Pengertian dan Jenisnya

Karena itu, memahami dan menjalankan sistem keamanan sangat penting. Tujuannya adalah untuk memberi proteksi agar tidak ada pihak luar yang dapat mengaksesnya.selain itu, juga mengantisipasi dengan penyelamatan data.

Tips mengamankan website dari hacker

Cybersecurity Indonesia selalu berkembang, hal ini memang penting guna mengantisipasi agar tidak ada pihak yang menjadi korban.

Namun ternyata sampai saat ini tidak sedikit yang berhasil diretas. Peningkatan sistem keamanan sangat penting. Beberapa tindakan yang dapat dilakukan adalah:

Memasang pemindai malware

Salah satu hal yang harus dilakukan oleh semua pengelola website adalah cybersecurity analyst.

Tujuannya adalah untuk mengetahui kemungkinan tindakan peretasan berdasarkan indikasi. Dengan demikian dapat segera melakukan pengamanan.

Salah satu cara adalah dengan memasang pemindai virus yang berpotensi sebagai jalan masuknya hacker.

Langkah preventif ini cukup optimal sehingga peretas tidak dapat menjangkau situs dengan mudah.

Pengelola startup bisa memasang alarm ketika ada indikasi pihak luar yang akan login. Dengan demikian langsung bisa melakukan pengamanan.

Memberikan pemahaman terkait pengamanan situs bagi semua karyawan

Perusahaan wajib memberikan informasi cybersecurity essentials hal-hal penting terkait keamanan cyber. Tidak sedikit hacker yang menyusup melalui link email. Pekerja di sebuah kantor yang menggunakannya sangat berpotensi secara tidak langsung memberikan akses.

Ketika ada pemberitahuan yang tidak seharusnya by surel, bisa saja merupakan tindakan hacker untuk masuk ke sistem.

Ketika ada yang mengklik, maka secara otomatis membuka jalan untuk menyebarkannya. Karena itu setiap karyawan harus diberi pemahaman untuk lebih berhati-hati.

Membuat Standar Operasional Prosedur

Semua elemen yang ada di suatu kantor perlu memahami cybersecurity roadmap agar lebih berhati-hati.

Dengan membuat aturan dalam bentuk checklist dapat memudahkan semua pihak untuk aktif melindungi jaringan atau server dari hacker.

Trending :  Hati-Hati Jika Hp Kamu Sering Muncul Iklan. Bisa Jadi Itu Adware Berbahaya

Tindakan ini sangat penting dalam upaya mengantisipasi masalah peretasan yang dapat merugikan usaha.

Dengan peningkatan kewaspadaan, manajemen telah meningkatkan sistem keamanan secara mandiri.

Tujuannya meminimalkan kemungkinan terjadi pencurian data atau hal yang merusak lain dapat dihindari.

Memperbaharui software secara berkala

Salah satu cara cybersecurity framework adalah dengan mengaktifkan sistem update secara berkala.

Penyedia layanan server yang digunakan oleh startup biasanya sudah mempunyai jadwal perbaikan atau upgrade secara berkala.

Sebagai pemilik usaha cukup meminta untuk mendapatkan informasi atau berlangganan update secara otomatis.

Dengan demikian peretas akan susah untuk mengidentifikasi dan masuk guna merusak atau mencuri data.

Pengamanan ini terbukti cukup efektif dan mampu menjaga website dengan baik.

Menggunakan Password Yang Komplek

Pin atau sandi untuk akses juga perlu mendapat perhatian. Gunakan kombinasi yang tidak mudah ditebak.

Selain itu hanya berikan pada orang tertentu yang memang berkepentingan untuk mengaksesnya.

Penggantian secara berkala perlu dilakukan untuk menghindari kebocoran informasi. Dengan demikian lebih aman dan terhindar dari kerugian.

Pencadangan Data

Membuat back up informasi terkait startup sangat penting. Meski sudah menggunakan sistem keamanan berlapis namun tidak menutup kemungkinan hacker bisa masuk. Dengan pengamanan data, jika hal buruk terjadi, usaha masih bisa diselamatkan.

Bagi pengelola start up maupun orang-orang berkompeten wajib memiliki Cybersecurity awareness.

Tujuannya adalah agar jangan sampai ada kerugian karena pihak tidak bertanggung jawab telah mengakses dan menyalahgunakannya.