Daftar Gaji Polsuska (Polisi Khusus Kereta Api) Terbaru 2022

Satupersen.co.id – Di dalam PT. KAI terdapat banyak jenis posisi pekerjaan yang diisi oleh masyarakat terpilih. Salah satu posisinya adalah polisi kereta api atau Polsuska. Polsuska merupakan profesi polisi yang tentunya bertugas mengamankan aset perkeretaapian, bertugas melayani, mengayomi dan mengatur dan memelihara ketertiban masyarakat melalui pemanfaatan layanan transportasi kereta api. Simak besaran gaji Polsuska dalam pembahasan kali ini.

Di setiap negara tugas Polsuska memang berbeda-beda. Di sejumlah negara, tugas polsuska bisa dibilang sama dengantugas polisi yang lainnya, walaupun pekerjaan tugasnya lebih sama dengan tugas satpam atau petugas keamanan dalam negeri.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) memiliki Pahlawan Polisi yang khusus jalankan fungsi kepolisian di bagian perkeretaapian, atau yang disebut Polsuska yaitu polisi khusus kereta. Adapun peran penting posisi Polsuska yaitu untuk mewujudkanlayanan KAI yang tentunya nyaman dan aman.

Dengan perkembangan yang ada status perusahaan dari PJKA telah menjadi PERUMKA, yang selanjutnya berubah menjadi PT Kereta Api Indonesia (Persero) di Kementerian BUMN.

Pasti kamu ingin mengetahui berapa gaji posisi Polsuska. Berikut ini besaran gaji atau pendapatan sebagai posisi Polsuska.

Gaji Polsuska (Polisi Khusus Kereta Api)

Gaji polsuska

Sebuah perusahaan yang di miliki negara masih tetap menjadi pilihan bagi para masyarakat yang mencari pekerjaan. Tingginya gaji dan tunjangan merupakan hal utama yang menjadi alasan bagi para lulusan SMA, dan perguruan tinggi ingin bekerja sebagai karyawan BUMN.

Diantara banyak perusahaan yang di miliki negara, para pencari kerja memilih opsi utama nya adalah PT. KAI (PT Kereta Api Indonesia). Salah satu perusahaan yang dimiliki negara di dalamnya terdapat pengelolaan sistem angkutan secara massalini pasti setiap tahunnya membuka peluang karir dengan kandidat lulusan SMA maupun sarjana.

Gaji pegawai Kereta Api saat ini mengalami penaikan yang drastis, setelah diurus oleh Menteri Perhubungan yaitu Ignatius Jonan.

Posisi / Jabatan

Gaji Perbulan

Asistant Manager

Rp 8.800.000

Kondektur

Rp 6.500.000

Front Liner

Rp 2.500.000

Contact Center Agent

Rp 4.000.000

Executif Vice President

Rp 42.500.000

Manager

Rp 4.000.000

Masinis

Rp 13.000.000

Call Center Agent

Rp 4.000.000

Finance Manager

Rp 4.000.000

Customer Service

Rp 4.000.000

Marketing Staff

Rp 4.000.000

Gaji karyawan posisi masinis awalnya maksimal sebesar Rp 3.000.000, saat ini telah naik menjadi maksimal sebesar Rp 13.000.000 setiap bulannya.

Penjaga gerbang awalnya dibayarkan kisaran Rp. 1.200.000, saat ini telah naik maksimal sebesar Rp. 6.500.000 setiap bulannya. Gaji pokok pegawai Kereta Api terbagi menurut kelasdan masa kerja.

Kelompok Ia dengan masa kerja 0 tahun, kamu akan memperoleh selisihnya sebesar Rp. 1.455.000 setiap bulannya.Kalau Golongan IIa 0 tahun waktu kerja sebesar Rp. 1.885.000 setiap bulannya, Golongan IIIa 0 tahun waktu kerja kamu akan memperoleh sebesar Rp. 2.405.000 setiap bulannya.

Yang terakhir, untuk Golongan IVa dengan tenor 0 tahun, Gaji pokok sebesar Rp. 2.838.000 setiap bulannya. Gaji pokok akanmeningkat jika ada penambahan masa kerja dan peningkatan nilai.

Pegawai Kereta Api akan mendapatkan tunjangan selain gaji pokok. Seperti tunjangan suami dan anak 2 yaitu 10% dari gaji pokok. Tunjangan emosional untuk pegawai satu tingkat SMA kisaran sebesar Rp. 200.000 setiap bulannya, dan untuk S1 sebesar Rp. 600.000 setiap bulannya.

Baca Juga: Daftar Gaji Pegawai Bank BRI 2022 Lengkap Semua Posisi

Tunjangan Polsuska (Polisi Khusus Kereta Api)

Tunjangan polsuska

Penghasilan atau gaji pegawai PT KAI jumlahnya cukup besarterdiri dari beberapa komponen. Pegawai PT KAI akanmenerima berbagai tunjangan, selain dari gaji pokok. Tunjangan tersebut sebanyak 20 jenis, berikut beberapa tunjangannya:

  • Tunjangan anak dan pasangan 10% dari gaji pokok yaitu dengan maksimal 3 orang.
  • Biaya perjalanan minimum sebesar Rp 375.000 setiap bulannya.
  • Biaya untuk lulusan SMA sebesar Rp 200.000 setiap bulannyadan lulusan S1 Rp 600.000 setiap bulannya.
  • Tunjangan Resiko Teknisi kisaran sebesar Rp 1.000.000 setiap bulannya.
  • Bonus untuk crew kereta bergantung pada setiap posisi.
  • Tunjangan kebugaran Polsuska kisaran sebesar Rp 1 juta setiap bulannya.
  • Biaya jabatan struktural untuk PNS terkait dengan keselamatan perkeretaapian.
  • Tunjangan penampilan untuk layangan pelanggan.
  • Biaya untuk perumahan.
  • Biaya untuk perjalanan.
  • Tunjangan untuk pemulihan.
  • Tunjangan untuk kebugaran.

Dalam satu tahun, para pegawai PT KAI akan memperoleh gajisebanyak sampai 15 kali, sudah termasuk THR, dan saat ulang tahun akan memperoleh gaji sebanyak 1 kali. Bukan hanya itu para pegawai PT KAI juga akan memperoleh jaminan hari tua.

Adapun tunjangan resmi untuk mereka yang memperoleh tugas itu minimum sebesar Rp. 375.000 setiap bulannya. Tunjangan resiko khusus untuk masinis Rp 1.000.000 setiap bulannya.

Tunjangan Khusus Polsuska sebesar Rp. 1.000.000 setiap bulannya. Selain itu terdapat juga tunjangan perjalanan, bonus prestasi, bonus pramugari, tunjangan tempat tinggal dan yang lainnya.

Tugas Polsuska (Polisi Khusus Kereta Api)

Tugas polsuska

Petugas Polsuska yaitu bertanggung jawab untuk menjaga keamanan serta ketertiban di lingkungan kerja, seperti di areastasiun, di dalam kereta api, barang-barang penting KAI, jalur dan fasilitas KAI.

Saat diperjalanan tugas seorang Polsuska adalah menjagakeselamatan para penumpang di dalam kereta api saat perjalanan.

Pada setiap 30 menit, polsuska selalu berpatroli untuk melihatdan harus memastikan keadaan  di dalam kereta api apakah masih kondusif dan terkendali. Polsuska merupakan salah satupetugas pada garda depan, yaitu membantu memberi informasidan petunjuk terhadap para penumpang.

Selain itu polsuska juga mempunyai peran untuk membantu kondektur bisa menyelesaikan ketertiban dan keamanan di dalam area kereta api. Seperti selalu mengingatkan para penumpang akan turun di kota tujuan mereka, dan bawa mereka kembali lagi ke kabin penumpang.

Dengan begitu dapat dipastikan jika tidak akan ada penumpangyang menyalahi aturan yang ada atau seperti ada hal yang bisamengusik penumpang lain saat diperjalanan.

Selain jaga ketertiban dan keamanan, Polsuska juga bekerja mengawasi atau menyelidiki kalau ada orang yang didugamelanggar ketertiban dan keamanan di area stasiun.

Tugas polsuksa selanjutnya adalah harus melarang orang yang tidak memiliki kepentingan masuk area stasiun. Saat melakukan tugas dalam hal pelayanan, Polsuska diwajibkan untuk mengisi absensi, dan memeriksa kesehatannya sebelum melakukan tugas.

Saat ini polsuska di wajibkan menggunakan masker, sarung tangan, borgol, T-stick, buku saku, perlengkapan pribadi, rompi keselamatan untuk menertibkan atau mengatur barang yang melanggsr ketertiban dan keamanan di area tempat kerja.

Fungsi Polsuska (Polisi Khusus Kereta Api)

Fungsi polsuska

Berikut ini beberapa fungsi dan tugas dan peran dalam posisi Polsuska (Polisi Khusus Kereta Api) :

  • Pengenaan sanski sesuai ketentuan perundang-undangan.
  • Sebagai partner kepolisian dalam melakukan pekerjaan yang bertugas dalam hal menegakan hukum yang memiliki sifat pre-emptive, pre-emptive dan non-judicially repressive.
  • Polsuska sebagai salah satu memberikan pelayanan terhadappenumpang kereta api dan diharuskan memberi pelayanan yang terbaik ke semua pengguna atau penumpang kereta api.
  • Mencegat, menyelidik, menangkap, dan mempersiapkan laporan kejadian kesemua aktivitas yang sudah dilakukan sesuai ketentuan peraturan dan syarat hukum.

Polsuska bertanggungjawab yang berkaitan dengan keselamatan dan peraturan para pengguna jasa kereta api sepanjang perjalanan di stasiun dan aset penting yang di miliki KAI. Polsuska memakai seragam seperti anggota Brimob dan berjalan harus tegak, dan aktivitasnya menemani kondektur untuk mengecek tiket para penumpang kereta api.

Kalaupun dilengkapi dengan atribut baret dan memakai peralatan perang seperti seorang militer, polisi ini masih tetap berperan sebagai petugas keamanan sipil.

Adapun contoh tindakan pengamanan dan non hukum seperti pada penumpang yang merokok di kereta api lokal (KRL, KRD), bisnis, wisatawan ekonomi, dan di eksekutif tidak dibolehkan rokok di bangku penumpang, dekat pintu (batas) atau toilet.

Polsuska melakukan tindakan terhadap penumpang nakal itu lalu menyampaikannya kepada kondektur dan pengemudi. Umumnya anggota Polsuska datang dari anggota TNI/Polri yang di tugaskan di PJKA (BKO).

Dikarenakan hal tersebut menyebabkan perubahan tugas Polsuska terbatas. Yang awalnya tugas Polsuska ialah lakukan penyelidikan, namun sesudah jadi BUMN, misalkan sampai saat ini hanya jaga keamanan, mengecek makanan, mengecek penumpang di stasiun, mengecek atap, dapat hentikan penumpang dari larangan merokok sampai mengontrolbangunan ilegal yang berada pada bagian aset PT KAI.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami berikan mengenai gaji Polsuska (Polisi Khusus Kereta Api) terbaru tahun 2022, dan tunjangannya, tugas, serta fungsi seorang Polsuska. Semoga dapat membantu bermanfaat untuk kamu terutama yang ingin menjadi pasukan Polsuska.

Tinggalkan komentar