Gaji Desain Interior dan Informasi Terkait yang Perlu Diketahui

Satupersen.co.id – sudah tahukah kamu dengan pekerjaan seorang Desainer Interior? Seorang desainer Interior memiliki peranan besar dalam membuat gedung, rumah, ruangan yang nyaman, atau bangunan yang lain. Untuk menjadi seorang Desain Interior, menggambar saja tidak cukup untuk menjadi modalnya. Banyak keterampilan yang harus di kuasai. Kira-kira berapa ya gaji seorang Desain Interior? Yuk simak artikel ini hingga akhir.

Desainer memerlukan kemampuan untuk mengartikan dan merealisasikan keinginan, kebutuhan dan selera kliennya dalam bentuk visual, khususnya ruangan 3 dimensi. Dan untuk bisa memenuhi semua keinginan klien, tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Tugas seorang Desainer Interior diawali dengan berbicara dengan klien untuk mendapati kesepakatan, mengumpulkan potongan interior, memahami keperluan klien, membuat denah dua dimensi dan membuat rendering tiga dimensi (3D), membantu pembelian furnitur, sampai memantau penataan lainnya.

Saat membuat desain, seorang Desainer Interior harus memperhatikan kenyamanan hidup, pengaturan keselamatan dan musibah. Desainer Interior juga perlu memikirkan ide perawatan ruang, melengkapi komponen interior dan perlengkapan lainnya (seperti pencahayaan dan bahan).

Jika kamu ingin tahu berapa gaji Desain Interior, maka sebelumnya perlu untuk memahami Desain Interior lebih dalam lagi. Oleh karena itu, silahkan simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Desain Interior?

Tentang desain interior
Desain Interior merupakan sebuah proses penataan dan pembuatan elemen interior hingga sepenuhnya selaras dengan tujuan tertentu dalam hal estetika, keamanan dan kenyamanan ruang.

Hal tersebut termasuk dalam jenis pengetahuan atau langkah membuat suatu ruangan sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi kepuasan kebutuhan fisik, kenyamanan, serta mental dan keselamatan penghuninya tanpa mengabaikan faktor estetika.

Disamping itu, seorang desainer harus mempunyai pengetahuan yang berfokus pada arsitektur dan perencanaan ruang, membuat desain yang estetis dan kohesif untuk ruangan sebagai tempat tinggal dan komersial.

Interior yaitu termasuk dalam jenis cabang seni yang berfokus pada perancangan ruangan dalam sebuah bangunan.

Tujuan dari desain interior adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna sekalian mengurus ruangan yang terdapat dalam bangunan atau gedung berdasarkan faktor fungsional, seni dan mental penghuni ruang.

Desain interior menawarkan sebuah solusi terkait seni dan keestetikaan tetapi efektif bagi penghuni untuk manfaatkan ruangan dengan lebih baik. Ide dan style desain interior sebagai gagasan yang menyatukan beberapa elemen menjadi satu.

Deskripsi Desain Interior

Desainer interior

Seorang Desainer Interior mempunyai suatu tugas atau tanggungjawab dalam seluruh proses desain interior termasuk mulai dari perencanaan, susunan dan desain interior ruangan hingga final.

Desain interior pada proses rencananya mengikuti beberapa sistem yang bisa dimengerti dan terstruktut dalam beberapa tahapan, yaitu analisis, riset, dan integratif pengetahuan pada sesuatu proses kreatif.

Desainer Interior menyatukan keringanan pemakaian, seni, dan fitur keamanan untuk setiap proyek konstruksi. Yang mana proses membuat desain tersebut meliputi cat, furnitur, dan pencahayaan supaya ruang kecil atau besar kelihatan elok dan makin menarik di pandang.

Tugas desain interior sendiri terdiri menjadi tiga bagian, diantaranya adalah:

1. Desain Interior Tetap

Ialah desain yang meliputi beberapa bagian ruangan yang tidak bisa di pindah atau di tukar tanpa merubah bentuk suatu bangunan. Seperti tiang, posisi dinding, plafon, furniture build-in, lantai dan lain-lain.

2. Desain Interior Dekoratif

Ialah sebuah desain yang mempunyai sifat sebagai penghias. Jadi saat desain interior direncanakan keseluruhannya, itu meliputi desain pilihan lapisan lantai, saluran dinding, plafon, lemari build-in, furnitur sesuai dengan fungsi ruangan seperti lantai dasar, sofa, kasur. Atau yang lebih detail seperti sarung bantal yang sesuai dengan tema yang kliennya inginkan.

3. Desain Interior Bergerak

Ialah desain yang cakupannya lebih kecil, misalnya furnitur yang bisa dilepaskan dan aksesories ruangan seperti sofa, lemari, meja, dan yang lainnya.

Gaji Desainer Interior dan Dekorator Interior

Gaji desain interior

Perancang atau seorang yang memiliki suatu kemampuan untuk membuat sebuah karya. Ternyata mereka memperoleh gaji atau pendapatan tiap bulan yang cukup menarik dan tinggi.

Hal tersebut juga yang menjadi alasan mengapa banyak anak yang masih sekolah ingin kuliah atau melanjutkan studinya di jurusan Desain Interior. Menjadi desainer grafis, industri, desainer furnitur, dan interior.

Jadi kira-kira berapa sih gaji bulanan yang di dapatkan seorang Desainer interior? Bila kamu ingin mengetahunya, kami akan menjelaskan beberapa informasi gaji desain interior pada ulasan kali ini.

Tugas utama seorang Desainer Interior ialah membuat desain interior agar menjadi ruangan dengan bernilai seni. Yang mana atas kesepakatan dan keinginan klien. Yang meliputi desain interior, dekorator dalam desain, dan pembuatan ruang komersial, publik, industri, ritel, dan tempat tinggal untuk menciptakan lingkungan yang di bangun khusus.

Dengan menimbang beberapa faktor yaitu dalam meningkatkan lingkungan hidup dan kerja dan untuk mempromosikan penjualan. Mereka mengatur dan berperan serta dalam pembangunan dan dekor Indonesia.

Berikut ialah beberapa keterangan mengenai gaji Desainer Interior secara detail, diantaranya adalah:

  • Range atau kisaran gaji maksimum untuk karyawan yang berprofesi sebagai desainer interior dan dekorator dari Rp. 2.817.288 hingga Rp. 9.681.403 per bulan.
  • Desainer interior dan dekorator biasanya dapat menghasilkan antara Rp. 2.817.288 hingga Rp. 5.304.257 bersih per bulan ketika mereka mulai mengerjakan proyek.
  • Setelah 5 tahun bekerja, kisaran gajinya antara Rp. 2.988.114 hingga Rp. 6.546.141 per bulan selama 40 jam seminggu.

Baca Juga: Gaji Pegawai PT Jasa Raharja Terbaru 2022 Semua Posisi

Peranan dan Tanggungjawab Desainer Interior

Peranan desainer

Berikut ini ialah beberapa peranan dan tanggungjawab Desainer Interior, berikut ulasannya:

  • Bertransaksi dengan klien untuk tentukan beberapa faktor yang hendak memengaruhi rencana lingkungan di dalam ruang, misalkan opsi arsitektur, bujet, peranan dan arah.
  • Bekerjasama dengan pakar lain yang turut serta dalam proyek berkaitan seperti kontraktor, insinyur, arsitek, dan teknisi pipa untuk memastikan kesuksesan proyek yang di laksanakan.
  • Memberikan saran ke klien mengenai beberapa faktor desain interior seperti perencanaan ruang, peletakan dan pemakaian peralatan furnitur dan pencocokan warna.
  • Memberikan solusi yang terkait dengan peranan dan kualitas lingkungan dalam ruangan.
  • Memberikan service berkaitan interior secara professional, termasuk pembikinan program ruangan, analisis desain, perencanaan tata ruangan, seni, dan peninjauan lapangan secara berkala.
  • Membuat gambar dan foto kreasi desain untuk beragam kepentingan.
  • Pembuat gambar dan dokumen penerapan yang terkait dengan desain interior.
  • Konsultasi dengan kontraktor melalui konsultan pengawas untuk melakukan perubahan atau penyesuaian yang sesuai konsep dan arah desain yang di perbarui.

Tingkatan Profesi

Karier seorang Desainer Interior tergantung pada sertifikasi professional mereka. Sertifikasi dikeluarkan dengan HDII (Himpunan Desainer Interior Indonesia) yang berdasar penilaian pada pengalaman atau portofolio Desainer Interior.

Jadi apabila kamu mempunyai sertifikasi sebagai Desainer Interior, karier kamu akan diakui dan kamu bisa bekerja sesuai dengan standard yang berlaku. Desainer Interior sendiri terbagi menjadi 3, yakni:

  • Interior Pratama, yaitu bertugas menangani desain rumah atau ruangan rumah dengan luas keseluruhan 500 meter persegi.
  • Desainer Interior Madya, yaitu bertugas menangani desain bangunan residensial dan komersial dengan luas keseluruhan 1.000 meter persegi.
  • Desainer Interior Utama, yaitu bertugas menentukan implementasi desain sebagai pelaksana dan manajemen.

Demikianlah pembahasan yang dapat kami berikan mengenai gaji seorang Desain Interior dan informasi lainnya seputar Desain Interior. Semoga dapat bermanfaat bagi kamu yang ingin mengetahui dan berkeinginan menjadi seorang Desain Interior.

Tinggalkan komentar