Daftar Gaji THR Polwan Lengkap Berdasarkan Pangkat

Satupersen.co.id – Banyak sekali yang memiliki impian menjadi seorang Polwan atau Polisi Wanita. Bahkan ada yang impian tersebut sudah di cita-citakan sedari kecil. Disamping tugas dan tanggung jawabnya sebagai polisi. Kira-kira berapa sih gaji, THR, atau tunjangan lainnya seorang polwan atau polisi wanita? Tentu saja bervariasi dan tergantung pada pangkat dan posisi. Maka dari itu, silahkan simak pembahasan kali ini.

Tugas polisi yaitu tentu saja bukan hanya dilaksanakan oleh lelaki, wanita pun dapat menjadi polwan. Tetapi, jumlah polisi wanita semakin sedikit dibanding polisi pria.

Meskipun demikian, tidak mengurangi tekad wanita untuk berperan serta dalam dedikasi masyarakat dengan menjadi polisi.

Tugas polisi wanita untuk berbakti kepada masyarakat sangat mulia supaya polisi wanita bisa dihormati di lingkungan masyarakat.

Meskipun memilih menjadi calon polisi wanita atau polwsn lumayan susah karena harus hadapi persaingan ketat. Namun faktanya cukup banyak yang tetap ingin menjadi polisi.

Sebelum membahas gaji, THR, atau tunjangan seorang polwan. Pastikan kamu memahami banyak hal tentang polwan terlebih dahulu. Oleh karena itu silahkan simak pembahasan di bawah ini.

Tentang Polwan (Polisi Wanita)

Tentang polwan

Berprofesi menjadi seorang polwan atau polisi wanita sekarang makin disukai. Ini tercermin dari banyaknya polisi wanita.

Saat di dirikan pada 1 September 1948, hanya terdapat enam polisi wanita. Hal tersebut jauh berbeda dengan kondisi sekarang. Jumlah anggota Polri mencapai 10 % dari keseluruhan personil Polri pada pertengahan 2018. Wanita diberi peluang yang serupa untuk tergabung dengan lembaga kepolisian.

Sekarang ini telah terdapat sekitar 400.000 polisi, sementara ada sekitar 30.000 polisi wanita. Yang artinya nyaris 10% dari total keseluruhan. Peranan polisi wanita di zaman milenial di pandang penting untuk pendekatan yang lebih manusiawi.

Salah satu tanggung jawabannya ialah memberi tindakan khusus untuk korban atau terdakwa anak dan wanita.

Kepolisian memiliki tugas dasar yakni mengambil perlakuan tegas dalam menghadapi kejahatan dan pelanggaran untuk menjaga ketertiban dan keamanan di muka bumi.

Sebagai lembaga penegak hukum, polisi memainkan peranan penting dalam tiap negara berdaulat. Di Indonesia, profesi ini berada dalam suatu lembaga hebat yakni POLRI (Kepolisian Negara Republik Indonesia).

Tugas lainnya yang membuat lebih senang ialah mengambil perlakuan pencegahan kejahatan, memberi pelindungan, menyelidik pelanggaran hukum, menjaga orang-orang berkepentingan dan masih banyak lainnya.

Selain yang di sebutkan itu, ada banyak jenis tugas polisi yang lebih detail, seperti menjadi penyidik, menganalisis sidik jari, menertibkan lalu lintas di jalan raya, dan bertanggungjawab atas pengendalian anjing pelacak.

Adapun gaji yang di terima seorang polisi atau polwan sesuai dengan beban tugas yang di embannya. Oleh karena itu, selain gaji pokok terdapat juga tunjangan-tunjangan seperti tunjangan hari raya (THR) atau yg lainnya.

Gaji THR Polwan Berdasarkan Pangkat dan Posisi

Gaji thr polwan

Polwan merupakan kepolisian khusus wanita. Sejarah kelahiran polisi wanita (polwan) di Indonesia sama dengan proses kelahiran polisi wanita di negara lain.

Tugasnya yakni bertanggungjawab untuk menangani dan menyelidik kasus pidana yang melibatkan wanita, pelaku kejahatan dan korban.

Perwira polisi Indonesia lahir pada 1 September 1948 dan mengawali karier dalam suatu kota pegunungan di Sumatera Barat. Saat Pemerintahan Darurat RI menghadapi Invasi Militer Belanda II.

Bisa terjadi peralihan besar antara lelaki, wanita dan anak-anak yang pindah dari rumah mereka yang sangat jauh dari medan pertarungan.

Untuk menahan penyusupan pengungsi, polisi harus mengecek beberapa pengungsi, akan tetapi beberapa pengungsi wanita menolak untuk dicheck, apa lagi pemeriksaan fisik pada polisi lelaki.

Berikut ini kami berikan rincian mengenai besaran gaji THR Polwan tahun ini. Silahkan simak pembahasan secara lengkapnya di bawah ini:

Kelas/Jabatan

Gaji

1 Rp 1.968.000
2 Rp 2.089.000
3 Rp 2.216.000
4 Rp 2.350.000
5 Rp 2.493.000
6 Rp 2.702.000
7 Rp 2.928.000
8 Rp 3.319.000
9 Rp 3.781.000
10 Rp 4.551.000
11 Rp 5.183.000
12 Rp 7.271.000
13 Rp 8.562.000
14 Rp 11.670.000
15 Rp 14.721.000
16 Rp 20.695.000
17 Rp 29.085.000
18 Rp 34.902.000

Selain tunjangan kinerja dan gaji pokok, gaji anggota Polri mencakup tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, tunjangan sampingan, tunjangan khusus daerah Papua dan tunjangan wilayah perbatasan.

Ini ialah perincian gaji petugas polisi, yang meliputi bonus berkaitan tunjangan kinerja dan yang lainnya. Gaji seorang polisi bervariasi sesuai pangkat seorang polisi dan gajinya karena tugas dan tanggung jawabannya ialah sama.

Baca Juga: Gaji Petugas Layanan Bus Transjakarta, Segini Nominal Per Bulan

Tugas Polwan (Polisi Wanita)

Tugas polwan

Polwan di dirikan karena ada sebuah tujuan untuk membantu proses dan penyelidikan kasus pidana yang melibatkan wanita, baik korban atau pelaku kejahatan.

Sekarang tugas kepolisian wanita (polwan) di Indonesia mulai tumbuh, bukan hanya berkaitan dengan kejahatan pada anak dan remaja, wanita, narkotika dan permasalahan administrasi, tetapi bahkan juga lebih di samakan dengan beragam tugas polisi pria.

Kenakalan anak remaja yaitu rata-rata seperti kasus tawuran antar siswa meningkat dan kasus kenakalan wanita yang menjadi perhatian.

Hal tersebut merupakan sebuah tantangan yang paling serius untuk korps polisi wanita untuk berperanan semakin besar dan menunjukkan kehadirannya di kepolisian.

Tingkatan Profesi

Tingkatan profesi polwan

Tiap anggota kepolisian mempunyai pangkat masing-masing, yang paling tergantung pada karier profesional dan tingkat pendidikan yang telah dicapai. Tiap kedudukan mempunyai tingkat penghasilannya sendiri.

Berikut ini ialah beberapa keterangan mengenai polwan dalam tingkatan profesinya:

1. Tamtama

Ini ialah pangkat polisi yang paling rendah, biasanya di pegang oleh lulusan sekolah tinggi kepolisian atau mereka yang baru masuk kepolisian. Beberapa jabatan yang dirahasiakan sebagai Bhayangkara Dua (Bharada), Pengawal Brigadir Satu (Briptu), Bhayangkara Satu (Bharatu), dan lainnya.

2. Bintara Tinggi

Kelompok yang termasuk dalam sebuah pangkat ini diantaranya yaitu Ajudan Inspektur Polisi Satu (Aiptu) dan dua Ajudan Inspektur Polisi Dua(Aipda).

3. Bintara

Seperti Tamtama, kedudukan BPN terbagi menjadi beberapa bagian, misalkan Sersan Mayor Polisi, Brigadir Polisi Dua (Bripda), Sersan Satu Polisi, Brigadir Polisi Satu (Briptu), dan lainnya.

4. Perwira Pertama

Barisan petugas pertama terbagi dalam Inspektur Polisi Satu (Iptu), Inspektur Polisi Dua (Ipda), dan Ajudan Komisaris Polisi (AKP).

5. Perwira Tinggi

Barisan yang termasuk pada sebuah barisan perwira tinggi ialah Irjen Pol dan Brigjen Pol.

6. Perwira Menengah

Dari beberapa macam dan jenis sebuah barisan yang termasuk dalam kedudukan ini ialah Wakil Komisaris Polisi (AKBP), Komisaris Polisi (Kompol), dan Komisaris Polisi (Kombes Pol).

Syarat dan Ketentuan

Syarat dan ketentuan polwan

  • Percaya dan takut kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Warga Negara Indonesia.
  • Usia minimal 18 tahun & maksimal 21 tahun.
  • Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari rumah sakit setempat disertai surat keterangan bebas narkoba.
  • Menurut hukum Pancasila dan UUD 1945.
  • Tidak ada tato, tindikan dan sebagainya.
  • Tidak pernah melakukan tindak pidana kejahatan atau pelanggaran yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
  • Mempunyai sikap integritas, jujur, sopan santun, ​​dan adil.
  • Lulus tes fisik dan mental.
  • Pendidikan minimal SMA/SMK.
  • Lulusan SMA/SMK sederajat wajib melampirkan Ijazah dan nilai total minimal 70,00.
  • Jika memiliki ijazah luar negeri harus mempunyai gelar yang sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Belum menikah atau sedang hamil dan bersedia untuk tidak menikah selama pendidikan.
  • Siap dan bersedia menjalani layanan 10 tahun dan mendapatkan izin orang tua.
  • Berdomisili di kepolisian yang terdaftar minimal 2 tahun sesuai KTP atau KK.
  • Siap dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Syarat Fisik

1. Persyaratan Tinggi dan Berat Badan

Syarat fisik seorang polisi menjadi perhatian dari sisi tinggi dan berat badan, baik yang perlu imbang atau proporsional. Polisi wanita sendiri harus memiliki tinggi minimal 163 cm dan memiliki berat badan ideal sekitar 53 kg.

2. Persyaratan Mata

Untuk menjadi seorang polisi ada pula persyaratan fisik yang bisa diemukan pada mata. Menjadi seorang polisi, tidak buta warna, seorang polisi harus mempunyai mata yang tidak minus, atau bisa disebut mata yang baik.

3. Persyaratan Gigi

Mempunyai gigi yang rapi merupakan persyaratan untuk masuk dinas kepolisian. Ada prediksi gigi yang perlu memenuhi persyaratan dari tes pertama sampai tes paling akhir. Serta perkiraan jumlah gigi harus 28 gigi dan tidak ada kehilangan bagian gigi depan.

Demikianlah pembahasan yang dapat kami berikan mengenai gaji THR Polwan sertq informasi lainnya terkait Polwan termasuk persyaratan masuknya. Semogq bermanfaat terutama bagi kamu yang ingin memdaftatkan diri di sekolah kepolisian.

Tinggalkan komentar