Waspada Ketempelan Jin! Berikut Bacaan Ruqyah Dalam Islam

 Satupersen.co.id – Saat ini, bukan hal yang asing bagi kita ketika mendengar kata ruqyah. Namun masih banyak orang awam yang belum memahami secara detail apa itu ruqyah dan bagaimana prinsipnya serta seperti apa bacaan ruqyah?

Biasanya proses ruqyah berkaitan erat dengan adanya gangguan jin. Lantas sudah tahukah kamu seperti apa ciri-ciri orang yang terkena gangguan jin? Maka sebelum masuk ke pembahasan ruqyah, mari kita kenali ciri-ciri ganguan jin, melansir dari Kanal YouTube Ummi Saroh sebagai berikut.

Ciri-Ciri Adanya Gangguan Jin

  1. Malas beribadah dan tidak taat kepada Allah SWT
  2. Sakit pada jam-jam tertentu saja
  3. Sakit yang tiba-tiba datang dan hilang
  4. Sering berprasangka buruk atau merasa was-was
  5. Sering lupa jumlah rakaat shalat
  6. Merasa ada bisikan
  7. Terhalang rezeki (sering gagal dalam berusaha/mencari nafkah)
  8. Terhalangnya jodoh
  9. Sulit tidur dan kebanyakan tidur
  10. Kesiangan shalat Subuh

Jika menemukan ciri-ciri gangguan jin diatas, sebaiknya segera melakukan ruqyah. Apa itu ruqyah? Ruqyah adalah doa memohon perlindungan, yang dibacakan untuk orang yang sedang sakit, seperti demam, kerasukan, atau penyakit lainnya (an-Nihayah fi Gharib al-Atsar, 254/2).

Ustadz Sholeh Kurniawan (Wakil Founder Rehab Hati Foundation) dalam kegiatan ruqyah massal, menjelaskan bahwa terdapat dua jenis ruqyah yaitu ruqyah syar’iyyah dan ruqyah syirkiyah. Ruqyah syar’iyyah merujuk kepada ruqyah yang sesuai dengan tuntunan syari’at, yaitu dengan metode terapi Al-Quran. Sementara ruqyah syirkiyah merujuk pada praktik ruqyah yang di dalamnya tidak sesuai syariat, yaitu mengindikasikan perilaku-perilaku syirik atau menyekutukan Allah SWT, dan hukumnya adalah haram.

Pengertian Ruqyah

Ruqyah syar’iyyah merupakan sebuah teknik terapi penyembuhan dengan cara membacakan ayat-ayat Al-Quran dan do’a-do’a yang mu’tabaroh kepada pasien/orang yang diruqyah, dengan sesuai kepada ketentuan-ketentuan Al-Quran dan As-Sunnah sebagaimana dicontohkan pada masa Rasulullah SAW. Ruqyah juga menjadi salah satu media untuk membentengi diri dari gangguan sihir. Praktik ruqyah syar’iyyah ini sejalan dengan ayat Al-Quran surat Al-Isro ayat 82 yang menjelaskan bahwa Al-Quran diturunkan sebagai obat bagi manusia. Ruqyah bisa dilakukan sendiri yang didebut ruqyah mandiri, atau di ruqyahkan oleh orang yang pakar sebagai ahlinya.

Trending :  Yuk Install Aplikasi Al-Qur’an Digital, Baca Kapan Saja Dimana Saja

Ada banyak dalil yg meriwayatkan bahwa nabi Muhammad SAW memerintahkan ruqyah, seperti perkataan Aisyah RA, “Apabila Nabi Muhammad SAW mempunyai keluhan sakit, maka beliau membaca dan meniupkan untuk dirinya sendiri. Jika sakitnya berat, maka saya yang membacakan untuknya dan mengusapkan dengan tangan kanannya (ke tubuhnya) karena mengharapkan berkahnya” (HR. Muslim). Sabda lain Nabi Muhammad SAW, “Tidak mengapa melakukan ruqyah, sepanjang bukan ruqyah yang mengandung syirik” (HR. Muslim). Serta masuh banyak hadist-hadist lainnya.

Fathul Majid, Imam As Suyuthi mengatakan, ruqyah itu dibolehkan jika memenuhi tiga syarat sebagai berikut:

  1. Bacaan ruqyah dengan menggunakan ayat Al Qur’an atau nama dan sifat Allah.
  2. Menggunakan bahasa Arab atau kalimat yang mempunyai makna.
  3. Harus yakin bahwa ruqyah dapat berpengaruh dengan izin Allah, bukan dari zat ruqyah itu sendiri.

Kriteria Ruqyah

Adapun kriteria ruqyah syar’i yang harus di perhatikan adalah sebagai berikut:

  1. Bacaan ruqyah dengan menggunakan ayat Al Qur’an, do’a yang syar’i atau yang tidak bertentangan dengan do’a sesuai tuntunan.
  2. Menggunakan bahasa Arab kecuali jika tidak mampu menggunakannya.
  3. Tidak bergantung pada ruqyah karena ruqyah hanyalah sebab yang dapat berpengaruh atau tidak.
  4. Isi ruqyah jelas maknanya.
  5. Tidak mengandung do’a atau permintaan kepada selain Allah (semisal kepada jin dan setan, pen).
  6. Tidak mengandung ungkapan yang di haramkan seperti celaan.
  7. Tidak menyaratkan orang yang di ruqyah mesti dalam kondisi yang aneh seperti harus dalam keadaan junub, harus berada di kuburan, atau mesti dalam keadaan bernajis. (Fatawal ‘Ulama fii ‘Ilaajus Sihr wal Mass wal ‘Ain wal Jaan, hal. 310).

Bacaan Ruqyah

Ayat-ayat ruqyah yang dapat kita bacakan sendiri atau dibacakan kepada orang yang akan diruqyah seperti yang dikutip dari kanal YouTube Muhammad Faizar Official adalah sebagai berikut:

  • Surat Al-Fatihah
  • Surat Al-Baqarah ayat 1-5, 102-103, 163-173, 255-257, dan ayat 285-286
  • Surat Al-Imran ayat 1-4 dan ayat 18
  • Surat Al-A’raf ayat 54-56
  • Surat Al-Anfal ayat 50-51
  • Surat At-Taubah ayat 14 dan ayat 128-129.
  • Surat Ibrahim ayat 15-18
  • Surat Al-Hijr ayat 16-18
  • Surat Al-Isra ayat 80-81
  • Surat Al-Kahfi ayat 1-10
  • Surat Al-Kahfi ayat 29-31 dan ayat 102-110
  • Surat Maryam ayat 68-72
  • Surat Thaha ayat 1-8
  • Surat Al-Mu’minun ayat 97-101 dan ayat 115-118
  • Surat Yasin ayat 58-61
  • Surat As-Saffat ayat 1-10 dan ayat 158-159
  • Surat Az-Zumar ayat 22-23
  • Surat Fussilat ayat 19-36
  • Surat Ad-Dukhan ayat 43-49
  • Surat Ar-Rahman ayat 33-36
  • Surat Al-Hasyr ayat 21-24
  • Surat Al-Ahqaf ayat 29-32
  • Surat Al-Jin ayat 1-9
  • Surat Al-Ikhlas
  • Surat Al-Falaq
  • Surat An-Nas
Trending :  Yuk Instal 4 Aplikasi Adzan Pengingat Waktu Sholat Otomatis

Aplikasi Ruqyah Mandiri

Sebenarnya saat ini ada cara yang lebih praktis lagi untuk mencari ayat-ayat ruqyah, yakni kamu bisa mendownload aplikasi ruqyah di smartphonemu untuk melakukan ruqyah mandiri kapan saja. Aplikasinya sebagai berikut:

1. Ruqyah Shariah Full MP3

Aplikasi ini di kembangkan oleh kareemTKB dan memerlukan Android dengan minimal versi OS 4.1 atau yang lebih baru untuk mendwonloadnya. Ruqyah Shariah MP3 bisa di akses secara offline jadi tidak perlu koneksi internet untuk streaming. Aplikasi ini menyeiakan bacaan ayat ruqyah dalam bentuk audio, seperti surah Al-Fatihah ayat 1 – 7; surah Al-Baqarah ayat 1 – 5, 163, 255 – 257, dan 284 – 286; surah Al-Imran ayat 18, 26 & 27 dan masih banyak ayat Al-Qur’an lainnya. Bacaan tersebutkan di anjurkan untuk di baca satu atau tiga kali dalam satu waktu dan dapat melakukannya sekali atau dua kali sehari.

2. RUQYAH – Ayat Pendingin Diri

Aplikasi ini bisa di download di google playstore dengan Android minimal versi OS 4.4 atau yang lebih baru. Dikembangkan oleh Gerbang Pustaka ILMU dengan memberikan beberapa fitur dalam aplikasinya. Selain fitur bacaan ayat ruqyah, dilengkapi juga dengan panduan ayat ruqyah, cara rawatan ruqyah, rawatan sesudah ruqyah seperti zikir-zikir dan doa-doa yang harus dibaca setelah selesai terapi ruqyah, serta masih banyak lainnya.