Sedang Merasa Sulit? Berikut Doa Meminta Kemudahan

Satupersen.co.idDoa Meminta Kemudahan. Setiap manusia tentu pernah mengalami hal sulit dalam hidupnya. Baik kesulitan perihal ekonomi, kesehatan, pekerjaan, jodoh, ataupun hal lain dalam kehidupan sehari-hari. Kesulitan tersebut merupakan cobaan yang Allah berikan kepada hamba-Nya untuk menguji keimanannya. Tidakkah kamu merasa jika Allah memberikan cobaan justru karena Allah mencintai hamba-Nya? Padahal dibalik cobaan yang Allah di berikan selalu ada hikmahnya.

Tetap Berhuznudzon kepada Allah

Dalam menghadapi cobaan, kita harus sabar dan ikhlas dalam menjalaninya, serta tetap berhusnudzon kepada Allah. Yang di maksud berhusnudzon yakni percaya bahwa Allah tidak menurunkan cobaan di luar batas kemampuan hamba-Nya. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah pada Al Quran Surat Al Baqarah ayat 286, yang berbunyi:

لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا ٱكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ إِن نَّسِينَآ أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُۥ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦ ۖ وَٱعْفُ عَنَّا وَٱغْفِرْ لَنَا وَٱرْحَمْنَآ ۚ أَنتَ مَوْلَىٰنَا فَٱنصُرْنَا عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ

Artinya: “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang di kerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

Trending :  Yuk Instal Aplikasi Kompas Arah Kiblat Terbaik 2022

Terus Berdoa dan Berusaha

Jangan pernah lelah untuk berdoa dan merasa putus asa dalam menghadapi cobaan. Kita harus sabar dan ikhlas dalam menjalaninya, serta tetap berhusnudzon kepada Allah. Yang di maksud berhusnudzon yakni percaya bahwa setiap masalah yang kita hadapi akan ada jalan keluarnya. Allah Subhanahu wa ta’ala akan mengabulkan doa kita jika kita terus meminta dan memohon kepada-Nya. Hal tersebut tertuang dalam riwayat berikut:

إِنَّ رَبَّكُمْ تَبَارَكَ وَتَعَالَى حَيِىٌّ كَرِيمٌ يَسْتَحْيِى مِنْ عَبْدِهِ إِذَا رَفَعَ يَدَيْهِ إِلَيْهِ أَنْ يَرُدَّهُمَا صِفْرًا

Artinya: “Sesunguhnya Rabb kalian tabaroka wa ta’ala Maha Pemalu lagi Maha Mulia. Dia malu terhadap hamba-Nya, jika hamba tersebut menengadahkan tangan kepada-Nya, lalu kedua tangan tersebut kembali dalam keadaan hampa.” (HR. Abu Daud, No. 1488).

Saat menghadapi kesulitan, kita juga harus berserah diri sepenuhnya kepada Allah. Karena sesungguhnya Allah menyukai hamba yang selalu memohon dan bergantung kepada-Nya.

Lalu, doa seperti yang bisa kita amalkan saat menghadapi kesulitan? Simak doa nya pada bahasan di bawah ini.

Doa Memohon Kemudahan Urusan

Salah satu doa yang bisa kita panjatkan saat menghadapi kesulitan adalah doa meminta kemudahan yang di riwayatkan oleh Anas bin Malik. Ia mengatakan bahwa Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wa salam pernah bersabda:

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa.

Artinya: “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.” (HR. Ibnu Hibban, No. 255).

Doa lainnya yang bisa kita amalkan saat menghadapi kesulitan untuk berbicara, supaya orang lain mudah memahami apa maksud dari ucapan kita. Contohnya seperti saat tidak percaya diri untuk melakukan presentasi di depan orang banyak atau semacamnya. Seperti doa yang di amalkan oleh Nabi Musa Alaihissalam yang juga tertuang dalam Al-Qur’an surat Thoha ayat  25-28, sebagaimana Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

Trending :  Yuk Instal 4 Aplikasi Adzan Pengingat Waktu Sholat Otomatis

قَالَ رَبِّ اشْرَحْ لِى صَدْرِى وَيَسِّرْ لِىٓ أَمْرِى وَٱحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِى يَفْقَهُوا۟ قَوْلِى

Musa berkata, “Robbisrohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii.”

Artinya: “Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku).”

Doa tersebut diamalkan oleh Nabi Musa ketika diberi perintah oleh Allah Subhanahu wa ta’ala untuk memberi kabar kepada Fir’aun yang keras kepala dan mengaku dirinya adalah tuhan. Saat menjalankan dakwahnya, Nabi Musa mengalami ancaman hendak dibunuh. Meskipun demikian Nabi Musa Alaihissalam tetap menjalani misinya sambil meminta bantuan dan petunjuk kepada Allah Subhanahu wa ta’ala agar dimudahkan urusannya.

Sebesar atau sekecil apapun cobaan yang sedang kita alami. Tetaplah meminta bantuan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala dengan mengamalkan doa memohon kemudahan di atas.