7 Aplikasi Scan Foto dan Dokumen di Android + Link Download

Satupersen.co.id– Di era sekarang ini, dalam dunia bisnis sudah banyak yang menerapkan paperless, yang artinya sebuah peralihan dari dokumen fisik menjadi dokumen digital. Salah satu hal dampak positifnya yakni dapat mengurangi limbah kertas. Seperti contoh saat perusahaan membuka rekrutment karyawan baru, para pelamar dipersilahkan mengirim dokumen digital dalam bentuk scan. Tidak lagi menggunakan fotokopian dokumen.

Aplikasi scan dokumen saat ini telah banyak dikembangkan guna membantu manusia untuk memudahkan pekerjaannya dalam pemberkasan dokumen ke bentuk digital. Tidak perlu lagi ribet menggunakan alat scanner, kini kamu bisa memindai dokumen hanya menggunakan handphone melalui aplikasi. Berikut kami rekomendasikan 7 aplikasi scan dokumen dengan rating penilaian tinggi yang bisa kamu download di handphonemu.

7 Aplikasi Scan Foto dan Dokumen di Android

1. Adobe Scan: PDF Scanner, OCR

Adobe Scan merupakan aplikasi pemindai dokumen besutan Adobe Inc yang termasuk populer, terbukti telah terdownload 100juta lebih pada google Playsotre. Untuk mendownloadnya, memerlukan Android dengan OS minimal 7.0 atau yang lebih baru dan IOS versi 14.1 atau yang terbaru.

Adobe Scan merupakan aplikasi pemindai cerdas yang bisa memindai apapun, seperti catatan, dokumen, kwitansi, kartu nama, foto yang nantinya bisa tersimpan dalam bentuk format file PDF atau JPEG berkualitas tinggi. Adobe Scan juga secara otomatis dapat mendeteksi batas pada gambar, mempertajam konten yang di pindai, serta mengenali teks secara otomatis (OCR). Kamu juga bisa menggunakan foto atau dokumen yang tersedia di galeri foto tanpa harus memindai dengan kamera.

2. CamScanner: Aplikasi Pemindai

Tak kalah populer, aplikasi CamScanner juga telah terdownload sebanyak 100 juta lebih pada google Playsotre. Aplikasi ini dikembangkan oleh ComSoft Information, bisa didownload di Android dengan OS minimal 5.0 atau yang lebih baru.

Trending :  Contoh Psikotes Gambar Pohon yang Baik dan Benar

CamScanner bisa memindai dokumen atau foto apa saja yang ingin kamu pindai, juga dapat mengkonversi gambar menjadi teks yang kemudian bisa di simpan dalam bentuk PDF atau JPEG HD. Sayangnya, dalam penggunaan fitur gratis akan muncul watermark oleh CamScanner. Namun kamu bisa meng-upgradenya menjadi akun premier untuk mendapatkan fitur yang lebih canggih seperti menghapus watermark, membaca text dan mengekspornya menjadi file yang dapat diedit, disalin, disimpan, atau dibagikan. Selain itu ada fitur terjemahan yang bisa menerjemahkan hasil pemindaian, dan di dukung dalam 60 lebih bahasa. Serta masih banyak fitur lainnya.

3. Microsoft Lens – PDF Scanner

Microsoft Lens di kembangkan oleh Microsoft Corporation dan tersedia di google Playstore maupun App Store untuk mendownloadnya. Kamu bisa menggunakan Microsoft Lens untuk memindah dan mengunggah semua catatan, tanda terima, atau dokumen apapun. Selain itu, bisa juga di gunakan untuk mengonversi gambar menjadi file PDF, Word, PowerPoint, dan Excel, serta mengubah teks cetak atau tulis tangan menjadi digital, dan menyimpannya ke OneNote, OneDrive, atau perangkan lokal handphonemu. Kamu bahkan bisa mengimpor gambar yang sudah ada di galeri handphonemu.

4. Tiny Scanner

Tiny Scanner yang dikembangkan oleh Beesoft Apps ini merupakan aplikasi pemindai dokumen portabel yang dapat memindai apapun sebagai gambar atau PDF. Dengan Tiny Scanner kamu bisa memindai dokumen, foto, tanda terima, laporan, atau apapun yang dapat disimpan ke handphonemu sebagai gambar atau PDF. Serta membagikannya melalui email, Dropbox, Google Drive, dan yang lainnya.

Untuk kamu yang lebih menyukai aplikasi ringan berukuran kecil, bisa mendownload aplikasi ini. Karena hanya dengan ukuran 27,60 MB dan Android dengan OS minimal versi 5.0 atau yang lebih baru kamu sudah bisa mendownloadnya.

Trending :  5 Aplikasi Tanda Tangan Digital Terbaik + Link Download

Fitur yang tersedia dalam Tiny Scanner berupa pemindaian dalam warna, keabu-abuan, atau hitam & putih dengan 5 level kontras untuk teks monokrom yang tajam. Selanjutnya, dapat mengatur ukuran halaman untuk PDF (Letter, Legal, A4, dan lainnya).  Jika menginginkan fitur yang lebih canggih, kamu bisa meng-upgrade dengan berlangganan paket premiun. Kelebihan paket premium yakni tersedia  OCR yang di dukung AI (bahasa berbeda, hasil pengeditan, pengenalan tulisan tangan, menyalin, berbagi atau menyimpan sebagai txt) serta masih banyak lagi.

5. Simple Scan

Sama seperti yang lain, Simple Scanner merupakan aplikasi pemindai dokumen PDF yang dapat memindai dokumen, foto, kuitansi, laporan, atau apa saja. Pemindaian akan tersimpan ke perangkat dalam format gambar atau PDF. Aplikasi ini juga mendukung pengenalan teks OCR, serta mengimpor file PDF ke JPG. Aplikasi ini di kembangkan oleh Easy Inc dan dapat di download di Android dengan minimal OS versi 5.0 atau yang terbaru

6. Clear Scan – PDF Scanner App

Aplikasi besutan Indy Mobile App ini memungkinkan kamu untuk memindai foto dan dokumen dalam kualitas tinggi yang membuat orang lebih mudah untuk membaca teksnya. Clear Scan secara otomatis mendeteksi sudut file dan memotong bagian dari dokumen yang ingin kamu scan.  Selain itu, ada banyak fitur koreksi otomatis seperti menyesuaikan kecerahan, menghilangkan bayangan dan meluruskan gambar untuk hasil kualitas yang lebih baik dan baik.

Kamu bahkan bisa mencetak dokumen atau gambar yang di scan. Clear Scan juga menawarkan berbagai fitur editing profesional bahkan setelah menyimpannya dengan berbagai pilihan filter. Kamu juga dapat menyimpan gambar dengan menggunakan nama yang sesuai dan memilih ulang file yang di scan dan di buat lebih mudah bagi pengguna untuk mencari file, dokumen, gambar, atau catatan scan lainnya. Serta berbagi file dengan cepat menggunakan email, Dropbox, onedrive, SkyDrive, Google Drive, dan lainnya.

Trending :  20 Contoh Soal Psikotes Kerja Gratis Lengkap dan Jawabannya

7. Photo Scan By Google Foto

PhotoScan adalah aplikasi pemindai dari Google Foto yang dapat memindai dan meyimpan foto menggunakan kamera ponsel. Keunggulan dari aplikasi ini adalah dapat menghasilkan gambar sempurna dan bebas silau dengan alur pengambilan langkah demi langkah yang mudah di lakukan. Selain itu aplikasi ini juga memiliki fitur pemangkasan otomatis berdasarkan deteksi tepi, pemindaian persegi panjang lurus dengan koreksi perspektif, dan juga rotasi pintar, sehingga membuat posisi foto selalu tepat.

Kamu juga bisa mencadangkan hasil pemindaian dengan aplikasi Google Foto untuk membuatnya tetap aman, teratur, dan mudah untuk di telusuri. Serta mudah untuk dibagikan kepada orang lain, yakni hanya dengan mengirimkan link.

Demikianlah beberapa aplikasi scan dokumen yang bisa kamu download dan gunakan untuk menyelesaikan keperluan pemberkasan dalam bentuk digital.