Biaya Kuliah ITB 2022, Ini Beda UKT Jalur SNMPTN dan Mandiri

Satupersen.co.id –  Institut Teknologi Bandung atau ITB menjadi kampus impian bagi banyak calon mahasiswa baru, baik yang dari daerah Bandung ataupun yang berasal dari luar daerah. Dan sebagai calon mahasiswa pasti ingin tahu berapa biaya kuliah di kampus ITB tersebut. Untuk mengetahuinya, silahkan simak artikel ini sampai akhir.

ITB merupakan universitas negeri di kota Bandung. Biaya Kuliah ITB yang diresmikan pada tanggal 2 Maret 1959. Sejak 14 Oktober 2013, ITB menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) yang mempunyai kewenangan dalam pengendalian keilmuan dan nonperguruan tinggi.

ITB memiliki 27 program studi yang sudah terakreditasi internasional (sebelas dari ASIIN, sebelas dari ABET). Kampus utama ITB saat ini menjadi sekolah menengah teknik pertama di Indonesia dan universitas pertama di Hindia Belanda.

Walaupun setiap perguruan tinggi yang membangun ITB mempunyai karakter dan tanggung-jawab masing-masing, namun sudah memiliki pengaruh pada perubahan yang berujung pada terbentuknya ITB.

Sebelum membahas mengenai biaya kuliahnya, perlu untuk kamu ketahui informasi lebih banyak lagi mengenai kampus ITB. Untuk mengetahui sejarahnya, silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Sejarah Singkat ITB (Institut Teknologi Bandung)

Sejarah itb

Kembali lagi ke awalnya era ke-20, atas prakarsa warga pemerintahan saat itu. Di mana tujuan awal dari fasilitas itu bermaksud untuk penuhi keperluan tenaga teknis, yang menjadi susah karena terputusnya hubungan antara Belanda dan beberapa negara jajahan Nusantara karena pecahnya Perang Dunia Pertama.

Technische Hoogeschool te Bandoeng (disingkat TH Bandung, TH te Bandoeng, atau THS) di bangun pada 3 Juli 1920 sebagai sekolah menengah pertama di Hindia Belanda.

TH Bandung awalannya di buka dengan 1 fakultas yakni de Faculteit van Technische Wetenschap yang hanya mempunyai satu jurusan yakni de afdeeling der Weg-en Waterbouwkunde.

Presiden pertama Indonesia, Soekarno, raih gelar sarjana teknik sipil di kampus ITB. Ia belajar teknik selama empat tahun. Sampai di tutup di tahun 1942, THS mempunyai tiga jurusan (Afdeeling), yaitu kimia (1940), sipil (1920), mekanika dan listrik (1941), tetapi dua jurusan terakhir belum lulus sebagai insinyur.

Pada periode penjajahan Jepang, usaha kembali membuka perkuliahan TH Bandung mengalami penolakan, tetapi aktivitas riset di laboratorium di kampus TH di perbolehkan. Komunitas laboratorium itu bernama Tropical Science Research Institute, yang di pimpin oleh beberapa civitas akademik TH Bandung.

Pada saat Indonesia merdeka pada Agustus 1945, namanya di ganti menjadi Universitas Teknik Bandung (STT ) yang membuka tiga jurusan, yakni Kimia, Bangunan Air dan Jalan, serta Listrik dan Mesin dengan masa studi 4 tahun.

Kemudian pada tahun 1946, STT direlokasi ke Jogyakarta, tetapi karena serangan tentara Belanda di Yogyakarta, kampus di Yogyakarta harus di tutup pada 19 Desember 1948. Beberapa saat selanjutnya, cukup dengan mengadakan divisi Sipil, sekolah di buka kembali pada tahun 1949, yang apkhirnya menjadi cikal bakal berdirinya fakultas teknik di Universitas Gadjah Mada.

Biaya Kuliah di ITB (Institut Teknologi Bandung)

Biaya kuliah itb

ITB (Institut Teknologi Bandung) merupakan universitas teknik pertama di Indonesia. Fakultas ini telah ada sejak jaman Belanda. Tidak bisa disangkal jika ITB memiliki sejarah yang cukup panjang.

Di kampus ini, presiden pertama Republik Indonesia Soekarno, meraih gelar sarjana teknik sipil. Ia belajar teknik sepanjang empat tahun. THS memiliki tiga jurusan (Afdeeling), yaitu Sipil (1920), Teknisi dan Listrik (1941), dan Kimia (1940). Namun, tidak lulus sebagai insinyur sampai tahun 1941. Sekolah itu remuk saat Belanda berserah di Subang, Kalijati.

Kampus paling tua di Indonesia ini berdiri pada tanggal 3 Juli 1920 bernama Technische Hoogeschool te Bandoeng, atau dengan singkatan TH te Bandoeng, TH Bandung atau THS.

Sekolah ini di bangun untuk menangani kekurangan tenaga teknis di Belanda. Karena saat ini mahal untuk membawa staf teknis dari luar negeri.

Dalam periode penjajahan Jepang, usaha dalam mengembalikan pembukaan perkuliahan TH Bandung mengalami penolakan.

Lantas berapa besaran biaya kuliah di kampus ITB ini? Simak rincian biaya kuliah dari berbagai jalur masuknya di bawah ini:

Jalur SNMPTN

Fakultas/Sekolah UKT/Semester
Sekolah Bisnis dan Manajemen Rp. 20.000.000
Selain Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Rp. 12.500.000

 

Jalur Mandiri

Fakultas/Sekolah UKT/Semester Iuran Pengembangan Institusi
Sekolah Bisnis dan Manajemen Rp. 25.000.000 minimum Rp. 40.000.000
Selain Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Rp. 25.000.000 minimum Rp. 25.000.000
  • UKT4 : Rp. 20.000.000/semester
  • UKT3 : Rp. 12.500.000/semester
  • UKT2 : Rp. 1.000.000/semester

Jalur Kelas Internasional

Fakultas/Sekolah UKT5/Semester UKT4/Semester
Sekolah Bisnis dan Manajemen Rp. 25.000.000 Rp. 12.500.000
Selain Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Rp. 25.000.000 Rp. 12.500.000

ITB yaitu akan tentukan dalam besaran UKT yang perlu di bayar oleh mahasiswa berdasar ulasan document data kemahiran UKT. Kelompok UKT paling murah untuk peserta SM-ITB 2020 adalah UKT4.

Baca Juga: Rincian Biaya Kuliah Trisakti 2022/2023 Lengkap Semua Jurusan

Akreditasi ITB (Institut Teknologi Bandung)

Akreditasi itb

Kampus ITB sendiri telah lama di akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nilai A untuk program studi umum, dua program riset ITB di akreditasi secara internasional di tahun 2011 oleh Badan Akreditasi Teknik dan Teknologi (ABET).

Sampai sekarang ini, ITB telah memiliki 13 program studi yang terakreditasi oleh ABET, yakni:

  • Program Studi Teknik Elektro (2011)
  • Teknik Fisika (2012)
  • Program Studi Teknik Kelautan (2011)
  • Teknik Lingkungan (2014)
  • Program Studi Teknik Kimia (2012)
  • Teknik Informatika (2014)
  • Program Studi Teknik Industri (2014)
  • Teknik Sipil (2015)
  • Program Studi Teknik Perminyakan (2015)
  • Manajemen Rekayasa Industri (2017)
  • Program Studi Teknik Pertambangan (2017)
  • Teknik Tenaga Listrik (2018)
  • Program Studi Teknik Telekomunikasi (2018)

Pada tahun 2018 dari semua universitas dan fakultas teknik di Indonesia, 13 program studi di ITB, satu program studi di IPB, satu program studi di ITS, satu program studi di UII dan tiga program studi di Universitas Bina Nusantara dengan akreditasi ABET.

Menyandang akreditasi ABET merupakan suatu jaminan bagi calon mahasiswa dan orangtua untuk memilih instansi pendidikan yang berkualitas serta bertaraf nasional dan internasional.

Dengan akreditasi ABET, lulusan ITB sudah memperoleh akreditasi BAN-PT sejak tahun 2012 dan simbol ABET yang menunjukkan jika lulusan ITB di didik sesuai dengan standar internasional, bukan hanya dilembagakan, tapi juga disertifikasi secara resmi.

Keunggulan dari akreditasi tersebut diraskan sendiri oleh para lulusan ITB. Sehingga mahasiswa ITB memiliki satu standard kerja professional yang sama dengan lulusan kampus terkenal di luar negeri. Yang juga berdampak positid untu prospek kerjanya, karena perusahaan yang menerima dapat semakin percaya dengan almamaternya.

Demikianlah pembahasan yang dapat kami berikan mengenai biaya kuliah di ITB (Institut Teknologi Bandung) melalui jalur SNMPTN, Mandiri, dan lainnya pada tahun ajaran 2022/2023, serta informasi seputar ITB. Semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi kamu yang ingin berkuliah di universitas negeri favorit ini.

Tinggalkan komentar